Keikhlasan Satu Keluarga Tinggal di Kandang Kambing

Foto : dok.centralnews/yandhi

Centralnews – SERANG,  Sarbini beserta ke 12 anak anaknya yang tinggal di bekas kandang kambing makan ala kadarnya dan tak menentu. Tergantung jika ada pemberian dari tetangganya ataupun jika ada yang memberikan mereka pekerjaan serabutan.

“Kalau makan sehari-hari itu apa adanya lah. Kadang-kadang dapat dari anak-anak, ada yang suruh manjat kelapa segala macem. Ada yang suruh ngangkut bata. Sehari (makan) enggak tetap,” kata Sarbini, kepala keluarga yang tinggal di bekas kandang kambing, di Kecamatan Keragilan, Kabupaten Serang, Banten, Rabu (02/08/2017).

Meski bekerja serabutan, namun keikhlasan dan kesabaran nampak dari wajah sederhananya yang  meyakini bahwa rezeki bagi keluarganya tak akan pernah tertukar.

“Makan sehari-hari ada aja, Allah yang ngatur. Kadang anak-anak kuli ngoyos (bajak sawah), ada yang ngajak panen,” tuturnya.

Sarbini bercerita bahwa dirinya beserta almarhum sang istri mempunyai 12 anak, yang pertama bernama Hamilatul Quran, Mugni Labib, Muhimin, Khotibul Umami, Syahrir Abror, Sanubari, Baharudin Noval, Siti Mutiara, Muhammad AS, Siti Zahrah, Zuhro, Bening, dan Ashuril Hurum.

Loading...

Sedangkan yang telah meninggal dunia Mutiara, Abdulklah, Abdillah, Hamid, dan Mahmud.

“Enggak ada (yang sekolah). Sekolah sendiri aja di sini. Bapak aja yang ngajar,” ceritanya.

Sedangkan anak yang paling besar bernama Hamilatut Quran, Mugni Labib dan Muhimin telah menikah. Meski pernah menempati rumah bekas kandang kambing, Kini mereka telah tinggal bersama pasangannya masing-masing.

Tinggal disebuah Kampung bernama Palembangan, Desa Dukuh, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang yang dipimpin oleh Ratu Tatu Chasanah yang notabene adik kandung dari Ratu Atut Chosiyah. Sarbini beserta anak-anaknya melakukan aktifitas mandi, cuci, kakus dan mencuci baju disebuah sungai kecil yang tak lagi jernih.

“Di kali, deket kalinya sebelah tembok (pager). (Masak) Kadang di kayu. Kadang kalau ada duit beli tabung,” ceritanya. (yandhi/viko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here