Tidak Ada Penggusuran Cagar Budaya dikala Proses Penataan Banten Lama

Foto : net/Banten Lama

Centralnews – SERANG, Sehubungan dengan ditata kembali nya Banten Lama oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, maka dipastikan tidak ada penggusuran dalam penataan cagar Budaya Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Sebab penataan dilakukan hanya berupa merapikan peninggalan kesultanan tersebut agar terlihat lebih rapih, tertata serta membuat pengunjung nyaman.

Asda II Setda Pemprov Banten, Ino S. Rawita mengatakan, berdasarkan rencana, tidak ada penggusuran terhadap permukiman yang saat ini berjajar di kawasan Banten Lama. Pedagang yang direlokasipun tetap akan ditempatkan tidak jauh dari kawasan ini. “Jadi intinya kita hanya menata saja biar terlihat rapi dan enak dipandang mata,” katanya seperti yang dilansir dari kabarbanten.

Konsep penataan yang ditetapkan misalnya mengecat bangunan-bangunan bersejarah yang sudah kumuh, membangun sarana dan prasarana, menata para pedagang kaki lima (PKL) dan lain-lain. Tujuannya, menciptakan Banten Lama sebagai wisata religi unggulan. “Kita juga tentu akan libatkan semua pihak mulai dari Pemkab dan Pemkot Serang, pihak kenadziran dan unsur stakeholder lain,” ucapnya.

Sejauh ini, kata dia, anggaran yang dibutuhkan untuk menata Banten Lama masih dalam proses pembahasan. Meski demikian, rencana penataan Banten Lama terus dimatangkan dengan aktif berkoordinasi dengan Kabupaten/Kota Serang. “Skema anggaran masih akan kita bahas, termasuk dengan Kabupaten dan Kota Serang,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy mengatakan, dalam penataan Banten ini pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat. Ia optimistis penataan itu bisa dilakukan pada tahun 2017 ini. “Mungkin penganggarannya bisa kita ajukan dalam APBD perubahan TA 2017,” katanya.

Loading...

Berdasarkan target, pembangunan pertama yang jadi prioritas adalah perbaikan infrastruktur jalan, baik menuju Banten Lama ataupun sekitar Banten Lama. Sesuai dengan memorandum of understanding atau MoU penataan Banten Lama ditargetkan paling cepat dalam waktu dua tahun.
“Apabila dalam dua tahun tidak selesai, kita perpanjang lagi menjadi tiga tahun agar penataan kawasan ini luas, penataan bisa diselesaikan dengan segera,” ujarnya belum lama ini. (viko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here