Kenali Gejala Kanker, Siloam Hospitals Gelar Sosialisasi

Foto : net

Centralnews – TANGERANG, Pentingnya menjaga kesehatan memang dianjurkan sedini mungkin bahkan sejak anak-anak, berbagai macam penyakit dapat menyerang tubuh kita. Mulai dari penyakit ringan bahkan penyakit yang sulit diobati semacam kanker.

Menjaga kesehatan dari kanker bahkan mengenali gelaja awal kanker pada anak itu sangat penting untuk semua orangtua.

Seperti yang dilansir dari detakbanten, hal tersebut disampaikan oleh dokter spesialis anak Siloam Hospitals Lippo Village (SHLV) Karawaci, Kabupaten Tangerang Dina Garniasih saat seminar awam bertema Dimensi Kanker pada Anak: Deteksi Dini dan Tips Pendampingan pada hari Sabtu kemarin, (5/8/2017).

Menurut Dina, pasien kanker anak di Siloam Hospitals Lippo Village didominasi leukimia (kanker darah). Kanker ini bisa menyerang anak sejak bayi. “Setiap gejala yang muncul tak boleh diremehkan karena bisa menyebabkan kematian,” katanya.

Kata Dina, gejala leukemia di antaranya lebam-lebam, mudah lelah, dan kerap pendarahan. Gejala kanker yang dikenali lebih awal memiliki peluang keberhasilan terapi lebih besar daripada jika terdeteksi saat stadium lanjut. Itu karena kanker belum menjalar ke organ tubuh lain sehingga lebih mudah diobati. Untuk itu, tiap ada gejala kanker pada anak, orangtua sebaiknya segera memeriksakan anaknya ke dokter. “Kegiatan ini sekaligus sosialisasi penyakit kanker pada anak. Pasien kanker anak yag kita tangani sebanyak 50 pasien,” ujarnya.

Loading...

Untuk itu, sambung Dina, Siloam Hospitals Lippo Village dalam sosialisasi kanker anak menggandeng yayasan Amarylis kirana Tangerang (yayasan yang konsen terhadap kanker anak dan hemofilia-red). “Dalam merawat pasien anak kanker memerluka pengobatan dan pendampingan yang holistik. Karena nyeri secara fisik akan mempengaruhi kondisi emosional anak,” terangnya.

Pada seminar ini juga menghadirkan narasumber dari yayasan Amarylis Kirana, Rini Purnamasari, Dokter Spesialis saraf SHLV Yusak S T Siahaan serta Bagian Farmasi, Cecilia Pravita.

Sementara Bussines Development Head Siloam Hospitals Lippo Village Alexandre Mutak mengatakan, saat ini pihaknya memiliki unit khusus dengan 12 tempat tidur untuk kemoterapi pasien. “Dengan dibukanya layanan ini kami berharap bisa memfasilitasi pasien umum untuk proses kemoterapi,” tandasnya. (viko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here