Pisang Menjadi Komoditi Andalan Pemerintah Kabupaten Lebak

 

Foto : Net

Centralnews – LEBAK, Pada dasarnya Indonesia sudah memiliki berbagai produk nasional dan lokal yang khas daerah yang sudah memiliki pasar tersendiri.  Pengembangan produk andalan ini merupakan salah satu kekuatan lokal dengan kearifan yang melekat yang perlu dikembangkan dan menjadi ikon nasional atau daerah. Untuk itu harus didorong agar lebih mengembangkan pasar.

Salah satu produk spesifik daerah adalah pisang Lebak, Banten. Komoditi tersebut menjadi andalan Pemerintah Daerah Lebak untuk dapat memenuhi permintaan di berbagai daerah termasuk DKI Jakarta dan dapat bersaing dalam menghadapi pasar bebas.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak, Dede Supriatna mengatakan penetapan komoditas pisang menjadi unggulan itu karena produksi bisa memenuhi permintaan pasar Banten dan DKI Jakarta. michael kors c 1001 c 1005

Saat ini pemerintah setempat terus mengembangkan tanaman pisang melalui berbagai program bantuan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas dengan melakukan peremajaan tanaman dan perluasan.

Loading...

Dengan meningkatnya produksi tanaman pisang bisa memberikan nilai ekonomi serta menjadi salah satu potensi di Lebak yang memang harus dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Selain itu juga tanaman pisang tidak membutuhkan perawatan intensif dan rumit serta mahal dibandingkan tanaman hortikultura dan padi. Para petani mengembangkan tanaman pisang di lahan-lahan tegalan, perbukitan, ladang dan daerah aliran sungai.

Produksi pisang Kabupaten Lebak bisa memenuhi permintaan setempat hingga luar daerah. Produk pangan ikutannya juga beragam rupa, di antaranya sale pisang yang memberi nilai tambah tersendiri. ugg outlet edinburgh england

Tingginya permintaan bahan baku sale pisang yang diproduksi para pengrajin makanan sale pisang, membuat Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Lebak terus mengembangkan sentra budidaya pisang siam yang tersebar di beberapa Kecamatan.

Aktivitas ekonomi terkait pisang juga jelas terlihat, di antaranya lalu-lalang truk-truk berkapasitas 15 ton untuk mengangkut pisang-pisang dari Lebak. Sementara itu harga pisang di tingkat penampung cukup bagus hingga kisaran antara Rp70.000-Rp250.000 per tandan.

Terdapat beberapa jenis pisang yang dibudidayakan, yaitu di antaranya pisang mulih, ambon, masak ijo, 2017 nfl jerseys for sale best sellers nangka, galek, rajah buluh, raja sereh, emas, kepok, dan ketan. (atp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here