Ingin Tidurmu Lebih Nyenyak? Konsumsilah Makanan-makanan Ini

Foto : net/ilustrasi tidur nyenyak

Pola tidur yang disarankan adalah 8 jam perhari, akan tetapi karena padatnya aktifitas pola tidur kita terganggu bahkan kita sudah tidak bisa merasakan tidur yang nyenyak lagi.

Belum lagi jika kalian mengalami insomnia dan sedang mencari cara untuk mengembalikan pola tidur kamu seperti dahulu kala.

Mengkonsumsi obat tidur atau obat penenang akibat sulit tidur adalah jalan terakhir apabila semua cara alami tak berhasil kamu terapkan.

Namun, tak perlu terburu-buru untuk langsung menenggak pil tidur, karena ternyata kamu bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Dilansir Live Strong dan Kumparan, nutrisi makanan sangat mempengaruhi pola tidur seseorang. Oleh karena itu, penting untuk menjaga asupan nutrisi demi mendapatkan tidur yang nyenyak.

Loading...

Lantas, makanan apa saja yang bisa membuat tidur lebih nyenyak? Simak ulasannya berikut ini:

  1. Pisang

Kandungan kalium yang tinggi pada pisang dapat merelaksasikan otot-otot kaki dan membantu mencegah kram kaki serta melancarkan sistem pencernaan. Konsumsi buah pisang di malam hari, baik dimakan langsung atau dibuat smoothie dapat membuat tidur kamu lebih pulas.

    ugg outlet eagan el paso ” start=”2″>

  1. Salmon

Selain pisang, cobalah makan malam dengan mengkonsumsi salmon. Asam lemak omega-3 yang terkandung pada ikan salmon terbukti dapat mengurangi lonjakan hormon stres serta dapat meningkatkan ketenangan pikiran dan tubuh. Jika tak menyukai salmon, kamu bisa mengkonsumsi ikan halibut karena juga bisa membuat tidur lebih nyenyak.

  1. Kale

Sayuran berdaun hijau gelap seperti kale kaya akan kalsium yang dapat membantu otak memproduksi hormon melatonin yang berfungsi mengatasi insomnia. Sayuran hijau gelap lainnya seperti bayam dan sawi hijau juga bisa menjadi pilihan kamu karena mempunyai khasiat yang sama.

  1. Ubi

Selain banyak mengandung protein kompleks, ubi juga mengandung kalium yang membantu meningkatkan kualitas tidur. Kalium membantu meregangkan otot sehingga tubuh pun akan lebih tenang. Ubi panggang menjadi camilan terbaik sebelum tidur untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

  1. Almond

ugg outlet canada camarillo ca id/wp-content/uploads/2017/08/thumbnail-2-300×200.jpg” alt=”” width=”489″ height=”326″ />

Menurut pakar ahli, kekurangan magnesium dapat menyebabkan seseorang sulit tidur. Kacang almond merupakan salah satu sumber magnesium yang baik bagi tubuh. Psikolog klinis, Michael Breus menyarankan untuk mengonsumsi satu genggam kacang almond sebelum tidur untuk membuat tubuh lebih tenang dan tidur lebih nyenyak.

  1. Telur

Mungkin tak banyak yang tahu jika telur juga termasuk ke dalam salah satu makanan yang dapat membuat kualitas tidur lebih baik. Telur tinggi akan protein yang dapat menstabilkan tingkat gula darah sehingga kamu akan terlelap semalaman. Konsumsi telur dengan roti gandum bisa jadi pilihan bersantap sebelum tidur.

  1. Susu

Biasakan untuk selalu membuat segelas susu hangat sebelum tidur. Susu dianggap sebagai obat penenang dan dapat merangsang tidur lebih pulas. Jika kamu merasa lapar menjelang waktu tidur, maka kamu bisa menambahkan sedikit oatmeal pada segelas susu hangat untuk memberikan karbohidrat yang baik bagi tubuh.

  1. Sereal

cheap nfl jerseys paypal jerseys stitched jpg” alt=”” width=”523″ height=”251″ />

Menurut National Sleep Foundation, mengkonsumsi semangkuk sereal sebelum tidur bisa membuat tidur lebih nyenyak. Hal itu disebabkan kombinasi dua komponen pemicu rasa kantuk yang kamu makan ketika mengkonsumsi sereal, yakni karbohidrat (dari sereal) dan protein/kalsium (dari susu).

  1. Teh Hijau

Para ahli mengatakan jika teh hijau yang tidak mengandung kafein mampu mendorong rasa kantuk. Teh hijau mengandung theanine yang dapat membuat kamu tertidur pulas. Selain teh hijau, teh chamomile juga memberikan efek tenang pada tubuh. Secangkir teh chamomile bisa membantu kamu tidur lebih nyenyak.

  1. Oatmeal

Oatmeal dikemas dengan cukup banyak kalsium, magnesium dan kalium. Semua kandungan tersebut dapat membuat kamu tidur lebih cepat dan tidur lebih pulas. Perlu diingat, jangan menambahkan gula pada semangkuk oatmeal karena gula bisa memberikan efek yang berlawanan.(viko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here