Marak Pemberangusan Pengurus Serikat Pekerja, Ribuan Buruh Serbu Pemkab Serang

Centralnews – KABUPATEN SERANG, Hari ini sekitar 2000 buruh yang terdiri dari delapan serikat pekerja di Kabupaten Serang melakukan unjuk rasa didepan Pendopo Kantor Bupati Serang, kedatangan mereka dimaksudkan guna menyalurkan aspirasi terkait ramainya pemberangusan serikat buruh, dan maraknya PHK masal di Kabupaten Serang (8/8/17).

Asep Saifullah selaku Kordinator Aliansi Serikat Pekerja Buruh Kabupaten serang yang turut serta mengawal massa aksi mengatakan bahwa Aliansi Serikat Buruh Pekerja mengatakan bahwa saat ini marak pemberangusan pengurus serikat pekerja, ia mengungkapkan bahwa kini banyak pekerja dan buruh yang diperlakukan tidak adil, perusahaan perusahaan melakukan PHK masal dan sepihak pada pengurus serikat pekerja.

“Kita mendeteksi adanya unsur upaya pemberangusan serikat pekerja, jadi di Kabupaten Serang kawan kawan pengurus buruh dan pekerja banyak yang di PHK secara sepihak” katanya.

Asep selaku perwakilan aliansi serikat pekerja buruh menyatakan prihatin atas maraknya kasus kasus PHK masal yang dilakukan sepihak oleh perusahaan perusahaan di Kabupaten Serang.

Loading...

“kita prihatin atas maraknya kasus kasus PHK masal dan kita nyatakan darurat PHK masal tentunya di Kabupaten Serang” katanya.

Lebih lanjut Asep mengungkapkan bahwa kurang lebih 12 perusahaan melakukan PHK sepihak, dan bukan hanya 12 perusahaan namun masih banyak lagi kasus PHK sepihak yang belum terdata atau terjaring oleh aliansi.

“Kalau di Kabupaten Serang ini, soal PHK masal ada sekitar 12 perusahaan yang melakukan PHK sepihak, itu ada datanya di kita, itu juga yang sudah terdata di aliansi, belum lagi untuk yang belum terdata masih banyak” imbuhnya.

Asep menambahkan bahwa perusahaan perusahaan dalam PHK secara sepihak tersebut bardalih dan beralasan bahwa pemecatan tersebut didasarkan oleh alasan efisiensi kerja dan pembaharuan proses sistem kerja perusahaan.

“Alasannya banyak hal ya ada yang efisiensi, perubahan sistem kerja, perubahan proses kerja, ini yang menjadi alasan alasan yang menjadikan perusahaan memutuskan PHK sepihak” tambahnya. (yan/rifa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here