Siklus Haid Tidak Teratur, Mengapa?

Foto: Net/Ilustrasi Siklus Haid

Haid atau menstruasi adalah keadaan normal wanita sebagai siklus bulanan, berupa keluarnya darah dari Rahim setelah ovulasi secara berkala yang disebabkan oleh terlepasnya lapisan endometrium Rahim (Bobak, 2004). Siklus ini dipengaruhi oleh naik turunnya kandungan hormone selama satu bulan. Dengan siklus ini maka tubuh wanita setiap bulan, siap untuk hamil. Jika tidak terjadi kehamilan maka lapisan dinding Rahim akan meluruh. Menstruasi ini pertama kali muncul pada wanita usia antara 11 – 14 tahun yang disebut menarche, dan menstruasi ini akan berhenti pada saat menopause kira-kira pada usia 51 tahun. Menstruasi ini terjadi kurang lebih 3 sampai dengan 5 hari dengan siklus perbulannya berbeda-beda, pada wanita dewasa siklus akan terjadi antara 21 – 35 hari, sedangkan pada remaja dapat terjadi antara 21 – 45 hari.

michael kors east west tote earrings macys “>Selain itu, haid yang tidak teratur dapat terjadi pada setiap wanita. Idealnya rentang waktu siklus haid yang teratur antara 21-35 hari. Dengan siklus yang normal secara fisiologis dapat menggambarkan wanita tersebut cenderung sehat dan tidak memliki masalah. Sistim hormonal yang baik dapat ditunjukkan dengan sel telur yang terus diproduksi dan siklus haid yang teratur. Akan tetapi realitanya tidak semua wanita memiliki siklus haid yang normal, banyak diantaranya yang memiliki siklus haid tidak teratur.

Dilansir dari laman mistercufflink.com, ada beberapa penyebab haid tidak teratur diantaranya:

nfl jerseys europe from china “>Fungsi Hormon Terganggu                                  

Loading...

Haid sangat berkaitan dengan sistem hormon yang diatur oleh otak, tepatnya pada kelenjar hipofisa. Cara kinerja dari sistem hormonal ini yaitu dengan mengirim sinyal ke indung telur untuk memproduksi sel telur. Apabila sistem pengaturan ini terganggu, maka secara otomatis siklus haid pun akan ikut terganggu.

Kelainan Sistemik

Tubuh yang gemuk atau kurus dapat mempengaruhi siklus haid karena sistem metabolisme tubuh tidak bekerja dengan baik. Bagi yang menderita diabetes juga akan mempengaruhi siklus haid menjadi tidak teratur.

Stress

Stress ternyata juga dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh, Akibat stress, monster beats case crystal tubuh menjadi mudah lelah, berat badan turun drastis bahkan hingga sakit-sakitan sehingga akan membuat metabolisme tubuh terganggu. Akibatnya siklus haid pun akan ikut terganggu.

Kelenjar Gondok

Kelenjar gondok atau kelenjar tiroid yang terganggu dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur. Gangguan ini dapat berupa produksi kelenjar gondok terlalu tinggi (hipertiroid) atau produksi kelenjar gondok yang terlalu rendah (hipotiroid). Akibatnya sistem hormonal tubuh akan ikut tergangggu.

Hormon Prolaktin Berlebih

Produksi hormon prolaktin yang cukup tinggi pada ibu menyusui dapat membuat ibu tidak kunjung haid karena hormon ini berfungsi menekan tingkat kesuburan ibu. Jika hal ini terjadi pada ibu yang tidak sedang menyusui biasanya disebabkan oleh kelainan pada kelenjar hipofisis. (ani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here