Kapal Kendhaga Nusantara Yang Meledak Merupakan Pesanan Kemenhub

Centralnews – SERANG, Kapal Motor (KM) Kendhaga Nusantara 14 yang meledak pada Jumat, 11 Agustus 2017 kemarin, ditargetkan selesai pada bulan November 2017.

“Kami dari kemenhub, mewakili menteri dan Dirjen Hubla kesini, karena kapal yang terkena musibah pesanan Kemenhub. Kami selaku pemilik kapal juga dalam hal pembinaan teknis ada keterkaitan juga dengan Kemenhub,” kata Bay Mokhamad Hasani, Direktur Lalu Lintas dan Angkatan Laut pada Dirjen Hubla, Kemenhub, saat ditemui usai mengikuti proses olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di lokasi kejadian yang berada di Pulo Ampel, Kabupaten Serang, Banten pada Sabtu, 12 Agustus 2017.

Pihaknya sekaligus meluruskan pemberitaan yang ada saat ini, bahwa kapal tersebut sebenarnya telah selesai 61 persen, bukan 90 persen. Namun nampaknya penyelesaian akan mundur karena meledaknya tabung gas didalam kapal pesanan Kemenhub tersebut.

“Sementara mungkin cooling down sekitar satu minggu. Karena pekerja juga ada beban, korban meninggal lima orang,” jelasnya.

Loading...

Galangan kapal yang merupakan Kerjasama Operasi (KSO) antara Kemenhub dengan PT Koja Bahari itu memiliki 12 blok, ledakan sendiri terjadi di blok enam.

“(Ledakan) Itu persiapan dari mulainya pekerjaan. (Olah TKP). Pemeriksaan dari fisik, saksi ahli, nanti pihak kepolisian bisa menyimpulkan,” terangnya. (yandi/rifa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here