Eksklusif Bersama H. Subadri Usuludin, SH : Spesial HUT Kota Serang Ke – 10

 

Foto : Ketua DPRD Kota Serang, H Subadri Usuludin, SH. (Centralnews/Siska)

Centralnews – Tokoh Central, Pada tanggal 10 Agustus 2017, Kota Serang telah memasuki hari jadinya yang ke 10 tahun.

Pembentukan Kota Serang sendiri tak lepas dari amanat undang-undang nomor 23 tahun 2000 tentang pembentukan Provinsi Banten. Hal ini dipertegas oleh undang-undang nomor 32 tahun 2007 (yang disahkan pada tanggal 10 Agustus 2007) tentang dimekarkannya (pembentukan) Kota Serang dari Kabupaten Serang.

Tokoh Central edisi hari ini Senin, 14 Agustus 2017 dengan topik HUT Kota Serang ke – 10th. Tim redaksi Centralnews Banten secara khusus akan berbincang dalam wawancara eksklusif bersama Ketua DPRD Kota Serang, H. SUBADRI USULUDIN, SH. 

Berikut hasil wawancara eksklusif kami, langsung dari Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Serang, Banten.

Loading...

Sebagai Ketua DPRD Kota Serang, seperti apa perasaan Bapak selama menjabat sejauh ini? Atau adakah perasaan atau keluh kesah selama menjabat menjadi ketua DPRD Kota Serang?

Kalau keluh kesah tidak ada, karena menurut saya hidup adalah pilihan dan menjadi ketua DPRD pun itu juga menjadi pilihan. Pilihan ketika dulu pertama saya mencalonkan diri berarti saya niat menjadi seorang wakil rakyat. Oleh karena itu, berangkat dari sebuah doa kyai, ulama, dan para tokoh masyarakat, khususnya doa dari keluarga besar sehingga “Alhamdulilah” saya duduk di lembaga DPRD ini selaku wakil rakyat. Intinya untuk keluh kesah tidak ada, karena saya selalu bersyukur dan saya selalu sadar bahwa hidup adalah sebuah pilihan dan pilihan saya berangkat dari pilihan diri kita sendiri jadi intinya saya enjoy dan mengedepankan rasa syukur yang tinggi, mudah-mudahan apapun harapannya, seberat apapun pekerjaannya, selama kita menjalankannya dengan rasa syukur mudah-mudahan tidak ada keluh kesahnya.

Yang berkesan banyak, kesan pertama mungkin setelah menjadi wakil rakyat tentunya harus ada ditengah-tengah rakyat. Selalu ada dan selalu berpihak dengan rakyat. Dan yang paling berkesan adalah ketika rakyat kita menginginkan sesuatu mengingat saat tahun 2016, masyarakat menginginkan salah satu pabrik ada yang ditutup, karena kami wakil rakyat dan kami telusuri. Saat itu kami pun berbaur dengan masyarakat, terus juga bersama dengan masyarakat dan itu yang membuat sangat berkesan untuk saya. Yang artinya adalah bisa berbaur dan dekat dengan masyarakat.

michael kors digital watch discount “>Apa visi misi Bapak sebelum menjadi ketua DPRD hingga akhirnya bisa menjadi Ketua DPRD?

Berangkat dari sebuah keinginan dan di didik oleh orang tua saya, seperti bagaimana saya bisa bermanfaat untuk masyarakat dengan mempunyai niatan mencalonkan diri di legislatif tentunya. Tidak bisa lepas dan sangat berkeinginannya berbuat sesuatu yang manfaat untuk masyarakat. Itu visi misinya dan tidak lebih. Kenapa saya memilih menjadi ketua DPRD? Mudah-mudahan dengan Tupoksi saya selaku wakil rakyat, ya bisa menyalurkan keinginan masyarakat dan dengan disesuaikan Tupoksi yang ada.

Bagaimana peran DPRD Kota Serang dalam pembangunan Kota Serang dimasa kepemimpinan Bapak? Yang kita juga ketahui bahwa Kota Serang sendiri menjadi pusat pemerintahan Ibu kota Provinsi Banten ?

Kita harus sadar bahwa lembaga DPRD itu sesuai dengan amanah UUD mempunyai tiga fungsi yang adalah Budgeting, Legislasi, Controling. Artinya dengan ketiga fungsi tadi, tentunya kami mempunyai andil besar dalam rangka percepatan pembangunan di Kota Serang. Darimana kami keterlibatannya? Kan ketika menganggarkan ya tentunya kami dengan pemerintah Kota Serang dan dengan tim anggaran pemerintah Kota Serang memilah milih mana yang kira-kira menjadi manfaat dan mana kira-kira yang kurang bermanfaat untuk masyarakat kita. Artinya dalam konteks pembangunan yang ada di Kota Serang ini tentunya menjadi suatu kewajiban karena sudah sesuai dengan fungsi tadi. Pada Budgeting tadi sama- sama dengan pemerintah untuk mengatur dan menganggarkan mana yang kira-kira pro rakyat dan kira-kira yang bermanfaat untuk masyarakat, itu saja sesuai dengan Tupoksinya.

Selanjutnya menurut Bapak, Bagaimana potensi wisata religi di Kota Serang?

Kota Serang ini dahulu adalah wilayah kesultanan Banten. Dengan kesultanannya itu, sehingga mewariskan budaya-budaya, kearifan lokal , dan budaya religi tentunya. Dan brand untuk Kota Serang dikenal baik dari masyarakat Kota Serang sendiri ataupun dari luar Kota Serang dikenal dengan julukan “Kota Sejuta Santri dan Seribu Kyai”. Dengan dasar itu berarti Kota Serang selalu identik dengan religius dan keagamaan. Adanya keterkaitan dengan wisata religi, tentu kami selaku pemerintah memiliki kewajiban untuk sama-sama melestarikan dan juga meningkatkan wisata-wisata religi di Kota Serang. Kemudian ada ikon Banten yang tidak hanya diketahui di Indonesia saja, Banten juga dikenal luas di dunia internasional. Dibuktikan dengan Syeh Nawawi Albantani di Arab Saudi yang di makamkannya juga disana, Kita ketahui bahwa pengarang kitab itu berasal dari Serang, Banten. Dan berangkat dari itu semua, sehingga kita semuanya selaku generasi penerus mempunyai kewajiban untuk melestarikan, memajukan, serta memasarkan bahwa di Kota Serang menjadi pusat religi dan tambah lagi sekarang dengan izin Allah SWT dan berangkat dari doa seluruh ulama, kita ketahui bersama yaitu Kapal Bosok (Masjid berbentuk kapal) yang baru saja diresmikan, nantinya bisa sama-sama kita rawat, atau melestarikannya, lalu memajukan dan, memasarkannya ke luar daerah Kota Serang. Kita yakini bahwa Kota Serang juga sama dengan ibukota lainnya, nfl jerseys before nike bears tidak kalah dengan Denmark dan lain-lainnya.

Kita berbicara HUT Kota Serang yang ke – 10, artinya sudah 10 tahun Kota Serang berdiri. Bagaimana pendapat Bapak terkait Kota Serang dari tahun ke tahun hingga saat ini? Dilihat dari berbagai sisi Kota Serang itu sendiri? 

Kota Serang lahir berdasarkan amanat undang-undang nomor 23 tahun 2000 tentang pembentukan Provinsi Banten. Hal ini juga sudah dipertegas oleh undang-undang nomor 32 tahun 2007 yang disahkannya pada tanggal 10 Agustus 2007 tentang pemekaran Kota Serang dari Kabupaten Serang yang didalamnya telah mengatur bahwa menjadi daerah otonomi baru. Maka dengan usia ke 10 tahun ini kita sadari bersama bahwa Kota Serang dapat di ibaratkan seorang anak yang berumur 10 tahun ini yang jika dilihat dari sisi positif adalah anak yang sedang lincah-lincahnya, anak yang sedang lagi manis-manisnya. Sementara kalau kita liat dari sisi negatifnya usia anak 10 tahun itu biasanya anak yang sedang sulit diatur. Artinya dari dua filosofi itu mudah-mudahan Kota Serang dengan kelincahannya bisa menarik para investor, para pemangku-pemangku kepentingan yang juga ingin memajukan Kota Serang dan kenapa Kota Serang membutuhkan para investor atau para pemangku kepentingan? Karena Kota Serang masih terbentur dimasalah anggaran.

Lalu jika ditanya ada tidak kemajuan Kota Serang ditiap tahunnya? Ya tentunya ada. Dari sisi PAD kita dapat melihat yang awalnya 10 milyar rupiah, sekarang PADnya sudah 126 milyar rupiah. Dan jika dari sisi pembangunannya sudah jelas kita lihat sebetulnya, sudah ada banyak pembangunan di Kota Serang terutama pembangunan infrastruktur, pendidikan. Kita buktikan bersama sekalipun kita terhambat atau keterbatasan anggaran namun dapat kita upayakan dalam rangka mensejahterakan masyarakat. Saat ini kita sedang membuat Rumah Sakit Umum Kota Serang. Tetapi bila di klaim kurang maksimal, ya saya sepakat dan dengan berangkat dari kekurangan tadi masih banyak yang harus dibenahi dan menjadi PR bersama. Berharap di usia ke 10 tahun ini setidaknya Kota Serang meningkatkan sinergi kepada pemerintahan pusat dan provinsi dan yang lebih terpenting lagi meningkatkan kebersamaan dengan semua stackholder yang ada.

Lalu, Apa saja yang harus dibenahi atau diperbaiki dari Kota Serang saat ini? Yang telah menjadi pendapat atau pertimbangan DPRD Kota Serang.

Sesuai dengan Tupoksi kami selaku di pengawasan, ya selama ini untuk jelek sih tidak ya, tapi mesti ada yang ditingkatkan lagi terutama yang paling mencolok tata kelola birokrasi Kota Serang, lalu harus matangnya sebuah perencanaan, artinya kita ketahui bersama jika perencanaannya sudah matang dilihat dari sisi manapun, manfaat dan plus minusnya saya rasa untuk pelaksanaannya akan rampung dan tidak adanya masalah. Dan menurut saya yang mesti ditingkatkan lagi adalah tata kelola pemerintahan, karena belum maksimalnya penempatan-penempatan birokrasi di Kota Serang yang disesuaikan dengan tupoksinya. Seperti masih ada guru yang menjadi sekretaris lurah, masih ada mantri untuk mengurusi angkot, dan itu rinciannya. Jadi, saya ingin kedepannya ada kebersamaan dengan membangun sinergitas semua pihak. Tidak ada lagi hal-hal seperti itu, dan menurut saya memberdayakan dulu pemerintahnya baru masyarakat.

Apa saja yang dihasilkan dari rapat paripurna istimewa dalam peringatan HUT Kota Serang ke-10? michael kors dresses duffle bag

Dari tahun ke tahun perayaan HUT Kota Serang semakin maju dan lebih meriah, karna bisa dihadiri oleh penggagas dan pendiri Kota Serang, dan kita menjadi sadar betul tanpa pejuang-pejuang yang dulu memperjuangkan Kota Serang lahir dan menjadi daerah otonomi yang baru. Dalam sidang paripurn banyaknya yang hadir dari pejuang-pejuang dan bukan hanya pemerintah saja, para mahasiswa juga ikut andil. Tentunya juga kehadiran para ulama dan kyai yang selalu mendoakan Kota Serang hingga terbentuk.

Seperti apa memaknai HUT Kota Serang yang ke-10 bagi Bapak?

Merupakan sebuah evaluasi bagi semua unsur penyelenggara pemerintah, sudah layakkah kita selaku wakil rakyat untuk Kota Serang, sudah pantaskah Kota Serang menjadi Kota Madani. Anggaplah HUT ke 10 ini menjadi evaluasi dan intropeksi diri tentang sudah benarkah dari apa yang sudah kita lakukan selama ini.

Baik, Selanjutnya kita ketahui bersama bahwa Kota Serang akan melangsungkan Pilkada di tahun 2018. Apa harapan Bapak tentang pemimpin baru bagi Kota Serang nantinya?

Terkait pilkada 2018, harapan kami selaku warga Kota Serang tentunya, siapapun nanti yang terpilih semoga menjadi pemimpin yang selalu amanah,  pemimpin yang bisa di tengah-tengah rakyatnya, memiliki inovasi dan terobosan dalam rangka kemasyarakatan umat, dan pemimpin yang berani. Kota Serang memerlukan pemimpin yang bisa memberikan ide-ide cemerlangnya dengan diberangkatkannya sinergi tadi dan bisa berkomunikasi yang baik dengan pemerintah-pemerintah diatasnya. Dan juga pemimpin yang berani dan tidak banyak pertimbangan, itu yang dibutuhkan.

Bapak juga memiliki rencana untuk mencalonkan diri sebagai Calon Walikota Serang pada Pilkada 2018. Bagaimana tanggapan bapak terkait hal ini? Dan Apa yang membuat Bapak ingin mencalonkan diri?

Sesuai amanah UUD,  karena kita memiliki hak memilih dan dipilih dan berangkat dari sebuah pembelajar dan pengalaman saya selama ini menjabat sebagai ketua DPRD Kota Serang yang kesimpulannya bahwa Kota Serang masih banyak PR yang harus diselesaikan, dan belum maksimalnya tingkat kebersamaan. Oleh sebab itu saya terpanggil melalui niatan pribadi saya dan direspon baik oleh keluarga saya dan umumnya masyarakat yang kenal dengan pribadi saya, maka muncul niatan berbuat baik untuk masyarakat.

Baik, Pertanyaan terakhir Seperti apa Harapan Bapak sebagai Ketua DPRD Kota Serang dengan Hari Jadinya Kota Serang yang ke – 10 ini?

Berharap di usia ke 10 tahun ini Kota Serang semakin berdaya, Kota Serang semakin berbudaya. Berdaya memiliki kepanjangan atau arti merdeka dalam menentukan sikap dan tidak terbebani dalam satu kelompok serta golongan lain. Kemudian maksud berbudaya adalah kita sadar betul bahwa hidup didunia itu harus berbudaya dan berakhlak dan lainnya. Dan juga harus menjaga budaya-budaya dari sisi keislaman atau agama.

Harapannya sukses selalu untuk Kota Serang, Dirgahayu Kota Serang ke 10. Semoga Allah SWT selalu meridhoi kita semua sebagai masyarakat Kota Serang dan di berkahi oleh Allah SWT. Amin. (atp/sis/viko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here