Di HUT RI 72 Masih Ada Warga Kabupaten Serang yang Kesulitan Air

Centralnews – KABUPATEN SERANG, Kemerdekaan Indonesia telah 72 tahun kita nikmati, namun sungguh miris karena masih banyak permasalahan yang ada di negeri ini salah satunya yaitu kekurangan air melanda diberbagai daerah di Indonesia, terlebih lagi di Provinsi Banten sebagai pilar penyangga Ibu Kota.

Hal ini dialami oleh warga penduduk disepanjang aliran sungai Desa Puser hingga Desa Samparwadi Kabupaten Serang, mereka mengeluhkan kekurangan air untuk kegiatan dan aktifitas keseharian, para warga tersebut kesulitan air guna mandi cuci kakus, tidak hanya itu sawah sawah dan sumur pun mulai mengering, alhasil banyak warga yang mulai mencari air hingga ke desa lain dan kampung tetangga terdekat.

Akibat daerah tersebut mengalami kekeringan dan kekurangan air banyak sawah terancam gagal, para penduduk pun mulai mengidap penyakit, dan hal tersebut pun mengancam perekonomian warga dan daya beli masyarakat di daerah tersebut.

Desa tersebut kekurangan air dikarenakan oleh tersendatnya kinerja aliran air dari saluran Desa Puser hal ini ditengarai oleh adanya pendangkalan yang terjadi pendangkalan pada dasar saluran air tersebut, guna mengatasi hal tersebut perlu adanya upanya pengerukan, dasar saluran air sehingga cukup rendah untuk dapat dilalui aliran air dari saluran induk sungai.

Loading...

“Baru kali ini kami mengalami kesulitan air irigasi, kami meminta agar saluran air sungai sepanjang Desa Puser hingga Samparwadi segera diperbaiki, agar kami dapat bercocok tanam kembali. Ini sangat berdampak pada warga yang sangat bergantung hidupnya pada pertanian” Demikian menurut Hendra warga kampung Kedawung.

Sementara itu menurut Abdul Latif salah satu staf Desa Samparwadi mengatakan “Pemerintah desa telah berupaya maksimal dengan  membangun komunikasi dan pengajuan pengerukan yang dimaksud. Namun hingga saat ini belum ada tanggapan” katanya. (yan/rifa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here