Ratusan Warga Suku Baduy Semarakkan HUT RI dengan Upacara Ikrar Kasatian

Foto : Upacara Ikrar Kasatian Suku Adat Baduy/ (dok.centralnews/mow)

Centralnews – Kab. Lebak, Ratusan warga Suku Baduy ikuti upacara Ikrar Kasatian kepada NKRI yang di gelar polda Banten di terminal Ciboleger Rangkas Bitung, Kabupaten Lebak. Kamis (17/8).

Upacara ikrar kasatian warga Suku Baduy pada NKRI yang di mulai sekitar pukul 14:00 WIB juga diikuti puluhan anak-anak baik Suku Baduy dalem dan Suku Baduy luar.

Tiga Ikrar Kasatian kepada NKRI yang dibacakan oleh seluruh warga Baduy luar dan dalem yang menjadi peserta upacara antara lain, “Urang warga suku adat baduy, berjanji kanggo anger, setia ngeukeuhan teguh dina Pancasila, monster-beats-solo-beats-by-dre-studio jeng UUD 1945, selanjutnya urang warga suku adat Baduy, berjanji kanggo anger, setia ngeukeuhan teguh dina NKRI jeng Bhineka Tunggal Ika, yang ketiga urang warga suku adat Baduy, berjanji kanggo anger, setia nu pamarentah nu sah”.

Brigjen pol Listyo Sigit Prabowo Kapolda Banten yang menjadi pembina upaca dalam sambutannya menyampaikan “Kita patut bersyukur karena hari ini bangsa Indonesia tengah memperingati hari Kemerdekaan yang ke 72 tahun, bukan hanya sekedar jumlah penduduk Indonesia lebih dari 250 juta, bukan hanya sekedar memilik 17ribu pulau, bukan hanya karena sumber daya yang melimpah tapi kebesaran Indonesia karena bangsa ini mampu mempertahankan keragaman budaya suku dan agama tetap kokoh bersatu. Sementara itu beberapa negara lain di dunia saat ini telah dilanda konflik kekerasasan sesama antar suku, moncler a roma a bologna pertikaian antar golongan, kita bersyukur tetap mampu bersatu dalam bingkai kesatuan NKRI, yang berbina Bhineka Tunggal Ika.”

Lanjutnya, “Sebagai salah satu komponen, warga suku adat Baduy telah berperan besar dalam pembangunan serta turut menjaga kelestarian nilai-nilai Pancasila dan Undang undang dasar 1945.”

Loading...

“Peran besar Suku Baduy bukanlah sekedar ucapan atau retorika belaka. Kita melihat tanah air terus tumbuh subur, yang salah satunya ditandai dengan eksistensi pemuda Baduy dalam mengabdi kepada bangsa dan Negara dengan menjadi anggota polri. Hal ini juga membuktikan bahwa warga Suku Baduy memiliki daya saing yang tinggi untuk menghadapi era konpetisi.”

ugg outlet bicester brunswick “>“Selain itu kita melihat warga suku adat Baduy mampu memupuk rasa kekeluargaan dan mengikis rasa permusuhan dan memelihara nilai budaya dan kearifan lokal serta menjaga keseimbangan alam. Berbagai peran tersebut tentunya tidak lepas dari nilai pikukuh karuhun dan buyut yang mengandung makna filosofi tinggi dan sampai saat ini masih dipegang teguh oleh masyarakat Suku Baduy.”

“Nu ulah kudu di ulahken yang berarti yang dilarang harus dilarang, nu enya kudu dienyakuen yang berarti yang benar kudu dibenarkan” Jelasnya.

“Kita semua berharap yang dilakukan warga suku adat Baduy pada hari ini akan menjadikan contoh dan memberikan inspirasi bagi seluruh komponen bangsa untuk tetap berpegang teguh pada Pancasila dan Undang-undang 1945 setia dan siap mempertahankan keutuhan NKRI.”

“Kita patut berbangga dan mengapresiasi karena kuatnya nilai nasionalisme dan nilai kultural” Tutupnya (mow/viko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here