Sering Konsumsi Air Mineral Kemasan? Waspadalah Terhadap Botol Plastiknya

Foto : net/Botol Air Mineral

Setiap hari kita mengkonsumsi air setidaknya untuk melepas dahaga. Tak ayal sibuknya aktivitas kita sehari-hari membuat kita selalu membeli sesuatu yang praktis, terutama soal membeli air mineral kemasan, akan tetapi kemasan yang dipakai untuk mewadahi bisa memengaruhi kualitasnya. Berbagai studi pun mengungkap sejumlah bahaya tersembunyi pada botol plastik air mineral kemasan yang diulas laman Elle Inggris dan dilansir dari laman Republika.

  1. Zat kimia berbahaya

Pakar biokimia dari Universitas Texas, Cheryl Watson mengatakan, kemasan botol plastik bisa mengontaminasi air dengan zat kimia berbahaya. nfl jerseys elite vs limited el paso Ia mencontohkan, paparan suhu tinggi seperti terik matahari memicu beberapa jenis plastik merilis zat kimia bisphenol A (BPA) atay bisphenol S (BPS).

  1. Masalah reproduksi

Sebuah ulasan yang terbit di jurnal Reproductive Toxicology pada 2013 merangkum 91 studi yang mengaitkan zat kimia BPA dengan masalah reproduksi. Level tinggi BPA pada darah dan urine  pria dan wanita yang mengupayakan bayi tabung tercatat lebih sulit menyebabkan kehamilan.

  1. Risiko penyakit jantung

Kaitan level tinggi BPA dan peningkatan risiko penyakit jantung diulas oleh studi ilmiah yang dimuat jurnal Circulation pada 2012. Meski korelasinya bukan bersifat kausalitas, peneliti menyimpulkan bahwa BPA memicu tekanan darah tinggi, monster beats app aux cable faktor utama dari penyakit jantung.

  1. Bakteri berbahaya

Mengisi ulang botol plastik kemasan bekas pakai berpotensi membuat tubuh terpapar bakteri dan virus. Profesor mikrobiologi Universitas Arizona Charles Gerba menyebutkan, mikroorganisme berbahaya itu termasuk norovirus yang menyebabkan gangguan pencernaan, selain bakteri penyebab flu dan batuk.

  1. Paparan zat karsinogen
Loading...

Mengisi ulang botol plastik dengan air yang tidak difilter bisa meningkatkan risiko terpapar zat karsinogen pemicu kanker. Laporan Environmental Working Group (EWG) Amerika Serikat pada 2017 mengungkap, ugg outlet online atlanta zat itu termasuk heksavalen kromium dan nitrat.

  1. Buruk bagi lingkungan

Dari seluruh botol kemasan plastik yang beredar, kurang dari satu persen yang bisa didaur ulang lebih dari sekali. Studi dalam Science Advances memprediksi, pemakaian terus-menerus botol plastik kemasan itu akan menghasilkan lebih dari 26 juta pon atau 11,7 juta kilogram sampah plastik di seluruh dunia pada 2050. (viko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here