Semakin Bertambah Usia, Ternyata Membuat Seseorang Menjadi Sulit Tidur

Foto: Net/Ilustrasi Sulit Tidur

Central Artikel – Umumnya semua orang membutuhkan tidur selama enam sampai delapan jam sehari, tapi seiring bertambahnya usia seseorang, waktu atau durasi tidur justru akan menurun.

Seperti dilansir dari laman liputan6.com, bahwa orang dewasa rata-rata memiliki waktu tidur 1,5 jam lebih sedikit. Hal ini terjadi dimulai memasuki usia 25 ke atas.

Uniknya, orang-orang lanjut usia atau lansia sekitar 50 tahun ke atas hanya membutuhkan waktu tidur nyenyak selama tiga sampai empat jam per harinya. Sayang perubahan ini justru menimbulkan masalah baru yaitu insomnia.

Lansia juga lebih mungkin mengalami masalah kesehatan kronis yang dapat mengganggu tidur mereka. Akibatnya banyak orang tua yang mengalami pola tidur buruk. Hal ini dipengaruhi juga oleh pengurangan produksi hormon seperti melatonin secara bertahap dan hormon pertumbuhan yang membantu untuk menjaga ritme tubuh sehari-hari.

Tak jarang, jika hal ini menyebabkan lansia yang sudah tidak memiliki banyak rutinitas, akan memilih untuk tidur di sore hari sehingga sulit tidur di malam hari.

Loading...

Begini tips mengatasinya                                                                      

  • Untuk mengatur jam tidur Anda, usahakan untuk bangun 30 sampai 45 menit lebih cepat di pagi hari untuk mengatur ulang jam tidur Anda di waktu yang lebih awal.
  • Kedua, jika Anda tidak banyak tidur di malam harinya jangan mencoba menebusnya dengan tidur lebih awal esok harinya.
  • Kurang tidur akan berdampak pada kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Gangguan kesehatan seperti daya tahan tubuh menurun, sulit konsentrasi, risiko diabetes meningkat, mudah stres dan tekanan darah meningkat akan mudah menghampiri. (ani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here