Waduh! Hati Daging Sapi Kurban Yang Akan Dibagikan Pemprov Banten Cacingan

Foto : Daging Sapi Kurban Terjangkit Cacing Hati di Masjid Al Bantani

Centralnews – Banten. Dua dari tiga puluh sapi yang disembelih oleh Pemprov Banten  di Masjid Al Bantani dalam perayaan Idul Adha ini terjangkit cacing hati hal tersebut diungkapkan oleh Ari Maulana pegawai Dinas Pertanian Provinsi Banten.

Ari Maulana mengungkapkan bahwa hewan ternak tersebut terjangkit cacing hati dan berbahaya jika dikonsumsi oleh tubuh manusia dan berdampak menular.

“Ya sebenernya cacing hati ini tidak terlalu berbahaya kalo misalkan masaknya bener, tapi yang kita takutkan kepada masyarakat adalah apabila jika para warga masyarakat masaknya tidak matang , itu akan menyebabkan cacingnya tidak mati dan jika dikonsumsi itu akan menyebabkan penyakit pada manusia” saat ditemui awak media di Masjid Raya Al Bantani (1/9/17).

Ari melanjutkan bahwa mengkonsumsi daging yang sudah terdapat cacing didalamnya sama seperti mengkonsumsi sampah dikarekan nutrisi didalamnya sudah mati.

“Sebenernya kalo sudah di temukan cacing hati nutrisi nutrisi yang ada dalam hati ini sudah mati jadi tidak ada nutrisi lagi yang ada di hati ini, kalo dikonsumsi seperti layaknya mengkonsumsi sampah” terangnya.

Loading...

Ari petugas Dinas pertanian tersebut menyarankan agar hati sapi yang berpenyakit tersebut agar di buang tidak di konsumsi oleh warga.

“Oleh karna itu lebih baik di buang saja dari pada di konsumsi oleh manusia takut menular dan sakit, toh ini tidak ada manfaatnya di konsumsi oleh manusia,” saranya.

Kendati demikian ia memastikan bahwa hati  sapi cacingan tersebut tidak merebak dan meluas ke daging, dan masih aman untuk di konsumsi.

“Pengaruh ke daging tidak ada,” jelasnya. (yan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here