ICMI Sarankan Pemkot Serang Benahi Transportasi Umum Cegah Kemacetan

Centralnews – KOTA SERANG, Menanggapi soal pesatnya kemajuan di Kota Serang juga melesatnya pertumbuhan volume kendaraan yang tak sesuai dengan ketersediaan ruas jalan yang ada dan menimbulkan kemacetan di sejumlah jalan di Kota Serang, ICMI menyarankan bahwa Pemkot Serang harus membenahi transportasi umum daerah yang ada.

Rohman Ketua ICMI (Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia) Orda Kota Serang, mengatakan bahwa Pemkot Serang perlu dan penting untuk mengadakan pembenahan dan penataan transportasi umum yang diketahui  saat ini tidak memiliki trayek yang jelas untuk menanggulangi kemacetan di Kota.

“Pemerintah harus menata dan membenahi transportasi umum yang ada, pertama transportasi umum kurang nyaman, masyarakat harus mengetem, tidak ada trayek yang jelas, kita harus membenahi kualitas” tutur Rohman saat ditemui dalam agenda Seminar Tata Ruang Kota Ideal Kota Serang (11/9/17).

Rohman menerangkan bahwa guna menanggulangi budaya masyarakat yang enggan untuk menggunakan transportasi umum dan lebih memilih kendaraan pribadi, perlu ada upaya dari Pemkot Serang untuk membuat suatu perusahaan transportasi daerah.

Loading...

“Harus ada satu manajemen pengelolaan kendaraan umum di Kota Serang, jadi semua yang punya kendaraan umum itu dibuat konsorsium, supaya mereka bisa meningkatkan pelayanan dan fasilitas dan masyarakat beralih dari kendaraan pribadi” terangnya.

Lebih jauh Rohman menjelaskan bahwa perusahaan tersebut nantinya akan merangkul dan bermitra dengan para pemilik angkutan umum dengan konsep saham perusahaan.

“Jadi gini pemilik kendaraan angkutan umum di Kota Serang disatukan dalam satu perusahaan yang nantinya akan mengelola angkutan umum ini, jadi nanti konsepnya pemilik angkutan umum ini punya saham dalam perusahaan itu dan tidak lagi mengoperasikannya secara langsung tapi melalui perusahaan itu” jelasnya.

Lebih dalam Rohman menambahkan bahwa perusahaan tersebut diyakininya akan membawa dampak baik bagi kemacetan di Kota Serang, tidak hanya itu nantinya perusahaan tersebut akan dapat mensejahterahkan para sopir angkutan umum yang ada di daerah.

“Nantinya perusahaan tersebut yang akan dapat mengangkat dan memfasilitasi para sopir angkutan umum tersebut, dan dijadikan karyawan pada perusahaan tersebut” pungkasnya. (yan/rifa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here