Saat Tidur Seperti Terjatuh Dari Ketinggian? Apa Penyebabnya!

    Foto: Net/Ilustrasi

    Central Artikel – Tidur adalah suatu keadaan relatif tanpa sadar yang penuh ketenangan tanpa kegiatan yang merupakan urutan siklus yang berulan-ulang dan masing-masing menyatakan fase kegiatan otak dan badanlah yang berbeda.

    Saat tidur terkadang tubuh mengalami hal-hal aneh, seperti terasa jatuh dari ketinggian atau terpeleset. Dalam dunia medis, merasa terpeleset atau tiba-tiba jatuh dari ketinggian saat tidur disebut dengan hypnagogic myoclonic.

    Hal ini biasanya terjadi karena kejang otot yang cukup ringan dan membuat kita menjadi terjaga. Dilansir nova.id, kejadian ini ternyata sudah umum terjadi dan hampir 70 persen orang sudah pernah mengalaminya saat tidur.

    Selain itu, penyebab lain dari hypnagogic myoclonic yakni karena kondisi tubuh yang mengalami kelelahan atau tidur dalam posisi yang tidak nyaman.

    Sebagian besar peneliti merasa bahwa ketika otot mulai kendur saat mempersiapkan indera otak untuk tidur dan salah menafsirkan sinyal relaksasi, maka ini bisa diasumsikan bahwa tubuh sedang terjatuh. (ani)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here