Kabupaten Serang Menuju Kabupaten Layak Anak

Centralnews – Kabupaten Serang. Untuk mewujudkan pemenuhan hak anak di Kabupaten Serang, Pemerintah Kabupaten Serang berkomitmen untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA),  hal itu di buktikan dengan di launchingkannya Kabupaten Serang menuju Kabupaten Layak Anak, yang di gelar di Aula rapat Tb. Suwandi Kabupaten Serang, Senin (18/09/17)

Dalam kegiatan launching KLA tersebut di hadiri oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Sekertaris Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sri Prihantini. L Wijayanti, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten Siti Ma’ani Nina,  Kepala Bappeda Kabupaten Serang Anang Mulyana, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Serang M. Novi, Ketua Mui Kabupaten Serang , Forum Csr Perusahaan dKabuoaten Serang dan Organisasi perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah Kabupaten Serang dan tamu undangan lainnya.

Ratu Tatu Chasanah dalam sambutannya mengatakan Kabupaten Layak Anak (KLA) merupakan suatu sistem pembangunan yang mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah,  masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak anak, Tatu mengajak semua stakeholder menyamakan persepsi dan menguatkan komitmen bersama agar dapat memberikan prioritas pada pertumbuhan perkembangan dan perlindungan anak dalam rangka kebijakan program dan kegiatan pemenuhan hak anak,  dalam rangka mewujudkan kabupaten serang sebagai kabupaten layak anak.

“Dengan terbentuknya Kabupaten Layak Anak ini, maka pemenuhan hak anak dan perlindungan anak akan terjamin, baik dari orang tua, keluarga, masyarakat, pemerintah dan negara, sehingga mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan baik serta memiliki akhlak yang mulia, memiliki kecerdasan intelektual, dan spiritual yang sempurna, karena bagaimanpun anak merupakan generasi penerus bangsa, “Ungkap Tatu

Loading...

Menurut Tatu untuk mewujudkan Kabupaten Serang sebagai Kabupaten Layak Anak ini menjadi PR bersama, pemerintah dan OPD tinggal mengimplementasikannya dan butuh komitmen bersama, karena anak-anak di Kabupaten Serang sangat tergantung dengan kebijakan ini.

“Sekarang kita harus berkomitmen,untuk di tingkat Kecamatan kita sudah masukan program ini dalam musrembang di Kecamatan,  mudah-mudahan setahap demi setahap kita bisa melakukannya, dengan cara terus dikawal, “Tutup Tatu

Sementara Sekertaris Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sri Prihantini. L Wijayanti mengatakan untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA), ada 24  indikator  yang harus dipenuhi, yang terdiri atas satu indikator kelembagaan dan 5 kluster hak anak. Di antaranya hak sipil dan kebebasan,  lingkungan keluarga dan pengasuhan alternative, kesehatan dan kesejahteraan dasar pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, serta perlindungan khusus.

“Agar semua indikator dan kluster anak terpenuhi maka di butuhkan komitmen yang kuat dari pimpinan pemerintah Kabupaten Serang,  Bupati dan OPD harus bekerja sama dan memiliki satu visi serta keonginan kuat untuk mewujudkan Kabupaten Serang sebagai Kabupaten Layak Anak,”tutur Sri

Menurut Sri dari 8 Kabupaten/Kota di Banten baru ada 3 Kabupaten/Kota yang masuk penilaian  Kabupaten/ Kota Layak Anak,  yaitu Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang dan Kota Serang, masih banyak daerah yang harus segera menuju menjadi Kabupaten/Kota Layak Anak.

“Kota TangerangvSelatan sudah lebih dulu menjadi Kota Layak Anak sejak 2015 lalu,  semoga Kabupaten Serang segera mewujudkan Kabupatrn Serang sebagai Kabupaten Layak Anak, “Pungkas Sri (Sis/yan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here