BPOM Serang Musnahkan makanan Illegal Senilai 11,86 Miliar


Pemusnahan Di BPOM Serang Banten dilakukan Secara Simbolis

Centralnews – SERANG, Sebanyak 3129 item atau 435.084 kemasan produk obat dan makanan ilegal dengan nilai ekonomi mencapai 11,8 miliar rupiah akan dimusnahkan oleh badan BPOM Serang.

“Produk-produk ini merupakan hasil pengawasan dan penyidikan Balai POM Serang mulai pertengahan 2016 hingga Juni 2017” jelas kepala BPOM RI Penny K Lukito yang berencana akan memimpin langsung pemusnahan makanan illegal pada hari ini.

Rincian tumbuhan terdiri dari satu hasil pengawasan sebanyak 2522 item atau 30227 kemasan obat obat tradisional kosmetik dan pangan tanpa izin edar atau TIE illegal dengan nilai ekonomi mencapai hampir  500 juta Rupiah, kemudian hasil penyidikan sebanyak 607 item atau 404.857 kemasan yang terdiri atas obat tradisional kosmetik obat-obatan tertentu atau obat dan pangan ilegal dengan total nilai ekonomi lebih dari 11 koma 36 miliar rupiah seluruh barang putih tersebut telah mendapatkan penetapan pemusnahan dari pengadilan negeri setempat. Rabu 19/09/17

“Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya produk dimusnahkan kali ini masih didominasi oleh produk obat tradisional ilegal dan mengandung bahan kimia obat atau beko serta produk kosmetik ilegal di mana pelaku kejahatan melakukan aksinya di sarana produksi dan distribusi illegal” ,lanjut Penny K Lukito.

Pemusnahan di BPOM Serang Banten akan dilakukan secara simbolis melalui pelepasan truk untuk selanjutnya seluruh barang bukti akan dimusnahkan dengan cara dibakar melalui peralatan generator di tempat pemusnahan di wilayah Tangerang. Slank pemusnahan terhadap produk BPOM Serang juga akan menekankan sanksi pidana kepada pelaku dengan ancaman pidana paling tinggi 15 tahun sesuai dengan undang-undang nomor 18 tahun 2012 tentang pangan dan undang-undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan. (mow/rifa)

Loading...

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here