Setya Novanto Minta Status Tersangkanya digugurkan Dalam Praperadilan

Centralnews – NASIONAL, Setya Novanto meminta status tersangkanya digugurkan melalui jalur praperadilan. Namun Setnov tidak datang dan hanya diwakili kuasa hukumnya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) karena Setnov masih dirawat di rumah sakit.

Dia menggugat KPK soal status tersangkanya agar digugurkan. Meskipun Novanto sakit, dia tetap berkoordinasi dengan kuasa hukumnya terkait proses sidang.

Sidang perdana gugatan praperadilan yang diajukan Setya Novanto pun sudah ditetapkan yakni pada tanggal 12 September kemarin. Pihak KPK meyakini hakim praperadilan bisa memutus perkara ini secara adil.

monster beats app aux cable “>Dikutip dari situs Detik Kuasa hukum Setnov, Agus Triantooleh, menyatakan Setya Novanto telah ditetapkan sebagai tersangka sejak 17 Juli 2017. Setelah itu, pada 18 Juli, Novanto menerima surat perintah dimulainya penyidikan (SPDP). Atas fakta tersebut, Agus menilai belum ada proses penyidikan yang sekaligus berbarengan dengan penetapan tersangka. Ia menilai KPK melanggar SOP penyidikan.

Loading...

“Penetapan tersangka harusnya dilakukan proses penyidikan, termohon telah salah dan keliru, penetapan tersangka dulu dan baru setelah itu dilakukan penyidikan sehingga permohonan tersangka itu menyalahi KUHAP sehingga harus dinyatakan batal demi hukum,” ujar Agus di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, ugg outlet box hill boston Jakarta Selatan, Rabu (20/9/2017).

Selain itu, Agus mengatakan penetapan tersangka bagi Novanto belum didasari dua alat bukti yang sah. Sebab, menurut kuasa hukum, penyidik tidak boleh menggunakan alat bukti berdasarkan alat bukti orang lain.

Apalagi nama Novanto dalam putusan sidang terdakwa mantan Dirjen Dukcapil Irman dan mantan Direktur Pengelolaan Administrasi Keuangan Kemendagri Sugiharto pada kasus pengadaan e-KTP tidak ada. Agus mengatakan padahal penaikan status tersangka oleh KPK merupakan pengembangan dari kasus Irman dan Sugiharto.

Setya Novanto ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP karena diduga berperan aktif sejak awal perencanaan, pembahasan anggaran, hingga pengadaan e-KTP. monster beats fake ferrari Penyidik KPK sudah memeriksa lebih dari 108 orang terkait penyidikan kasus ini.

Saat proyek bergulir, Novanto menjabat Ketua Fraksi Golkar di DPR. Megaproyek pengadaan e-KTP disebut merugikan negara Rp 2,3 triliun dari total nilai proyek sekitar Rp 5,9 triliun.

Namun Novanto pernah membantah menerima aliran dana dari kasus korupsi e-KTP menyusul penetapannya sebagai tersangka. Novanto mengatakan sudah ada bantahan dari tersangka yang menyebut dia tidak menerima aliran dana tersebut.

Bahkan tuduhan tersebut dianggapnya sebagai sebuah penzaliman. Dia kembali membantah tidak pernah menerima uang haram dari proyek e-KTP.(rifa)

  ugg outlet alexandria anaheim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here