Rumah Baru Bagi Badak Bercula Satu

Centralnews – Pandeglang. Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) sedang mengkaji proses pemindahan habitat badak bercula satu dari Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Kabupaten Pandeglang, Banten, ke wilayah Sukabumi, Jawa Barat, sebagai habitat alami keduanya.

“Second habitat badak Jawa yang sedang kita kaji di Sukabumi, di taman margasatwa Cikepuh,” kata Wiratno, Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), yang ditemui usai peringatan hari badak seduian, Jumat (22/09/2017).

Pihaknya mengaku akan segera melihat lokasi yang akan dijadikan habitat kedua Badak Bercula satu di wilayah Sukabumi. Dimana, habitat alamu kedua tersebut harus memiliki keamanan yang tinggi dan ketersediaan pakan badak yang memadai.

“Keamanan yang juga harus kita kaji agar bisa dipindahkan ke sana, second habitat. (Ada habitat lainnya) di Cikepuh, di Sancang. Tapi yang prospek di Cikepuh. Karena luasannya cukup, habitatnya juga, ragam pakannya juga,” terangnya.

Loading...

Pengkajian habitat alami kedua badak yang dilindungi oleh UNESCO ini sebagai salah satu bentuk antisipasi kemusnahan badak bercula satu dari bencana alam yang mengintai di TNUK.

“Ancaman penyakit, ancaman Gunung Krakatau, tsunami, bisa memusnahkan badak Jawa. Tapi kami optimis tetap bisa melestarikannya,” kata Mama Rahmat, Kepala Balai TNUK, ditempat yang sama, (yandhi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here