BPN Pandeglang Tegaskan PTSL Tanpa Dipungut Biaya

Centralnews – Kab. Pandeglang, Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dicanangkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) dipastikan tidak dipungut biaya.

Kepala BPN Pandeglang Rusli Yakob mengatakan, biaya proses sertifikat dimulai dari pengukuran hingga mendapat sertifikat merupakan tanggung jawab dari BPN. Hal tersebut diluar dari pengurusan Alas Hak yang merupakan ketentuan administrasi untuk permohonan sertifikat di tingkat desa. Dalam Alas Hak tersebut, terdapat dokumen pernyataan, waris dan sejenisnya, yang mengharuskan pemohon mengeluarkan biaya untuk pembelian materai.

“Proses sertifikat dari pengukuran hingga mendapat sertifikat itu gratis, cuma didalam permohonan sertifikat ada Alas Hak yang didalamnya ada pernyataan, waris, dan sejenisnya. Pengurusan Alas Hak dilakukan di desa dan ada beberapa yang pakai materai, itu (materai, pen) bukan tanggung jawab BPN,” jelasnya.

Loading...

Ia menambahkan, jika ada pihak-pihak yang meminta biaya untuk PTSL, BPN memastikan bahwa hal tersebut dilakukan oleh oknum tertentu.

“Itu oknum, silakan diusut jika ada uang yang mengalir ke BPN, laporkan ke saya atau siapa saja. Saya dapat pastikan karena saya wanti-wanti betul kepada petugas BPN,” tegas Rusli.

Lebih lanjut Rusli menjelaskan, BPN Pandeglang beserta jajarannya terus melakukan sosialisasi atau penyuluhan tentang PTSL dan menyampaikan kepada masyarakat bahwa PTSL tidak dipungut biaya.

“Saya ini waktu sosialisasi atau penyuluhan tentang PTSL, sudah disampaikan bahwa PTSL gratis,” tutupnya. (yusuf/atp)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here