BPJS Kesehan KCU Serang Gelar Gathering Prolanis 2017

Centralnews – SERANG, Ratusan peserta Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) BPJS Kesehatan mengikuti kegiatan Gathering Prolanis 2017, yang diadakan di Radar Arena Serang, Sabtu (28/10/17).

Peserta Prolanis BPJS Kesehatan kali ini berasal dari 16 fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) yang terdiri dari 10 klub diabetes mellitus dan 18 klub hipertensi dari 2 Kabupaten dan Kota, yaitu Kabupaten Serang dan Kota Serang.

Kegiatan yang diselenggarakan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Serang ini, bertema “Sehatkan gaya hidup, hidupkan gaya hidup sehat”.

Loading...

Acara tersebut dibuka dengan sambutan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Serang Sofyeni,disaksikan Kepala Dinas Kesehatan, Ketua TKMKB, Ketua Persadia Cabang Serang dan seluruh peserta Prolanis.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Serang Sofyeni mengatakan, Prolanis merupakan sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis dengan biaya pelayanan yang efektif dan efisien.

“Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan BPJS Kesehatan dalam upaya promotif dan preventif, sekaligus sebagai Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang sejalan dengan instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017, oleh karena itu di bentuklah klub Diabetes Mellitus (DM) dan klub hipertensi yang ada di FKTP di Kota dan Kabupaten Serang, “katanya.

“Dibentuknya klub ini agar para penderita penyakit kronis seperti diabetes millitus dan hipertensi bisa dikelola atau lebih bisa di berikan edukasi tentang hidup sehat,  bisa menjaga pola makanannya dan mengatur pola hidupnya. Ujar Sofyeni

“Harapannya dengan dibentuknya klub-klub ini para peserta prosalin ini bisa terpantau oleh (FKTP) yang terdaftar di tempat peserta tersebut,  para peserta bisa rutin mengecek gula darah, Hipertensinya, setiap 6 bulan dilakukan pemeriksaan Hemoglobin A1C (HbA1C), harapannya mereka bisa di bawah 7, jadi intinya mereka bisa terpantau apa mereka jadi lebih baik atau turun naik, yang tidak diperkenankan turun naik, yang di perlukan turun lalu distabilkan,” Harapnya

Sofyeni menambahkan peserta yang ikut dalam klub prolanis ini akan melakukan senam dan pemeriksaan rutin mulaibdari tensinya berat badannya, sebulan sekali cek Gula Darah Sewaktu (GDS), Cek Gula Darah Puasa gdpp, kemudian ada penyuluhan kesehatan oleh dokternya, satu kali satu bulan per 6 bulan pemeriksaan HbA1C untuk memastikan semakin baik atau tidak DM nya,” Tambahnya

Menurut Sofyeni program Prolanis ini tidak akan berjalan baik tanpa dukungan pemerintah,” Program ini tidak akan berjalan baik tanpa dukungan pemerintah, tentunya kalau dalam hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes), karena peserta paling banyak daftarnya di puskesmas.”Tutup Sofyeni.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang Toyalis mengatakan, pihaknya menyambut baik Kegiatan Gathering Prolanis, karena merupakan kegiatan positif yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan peserta Prolanis BPJS Kesehatan.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari pola hidup sehat. Agar tetap sehat, maka harus menerapkan pola hidup sehat dengan cerdik, yaitu cek kondisi kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok, rajin aktivitas fisik atau olahraga, diet sehat dengan kalori seimbang, istirahat yang cukup, dan kendalikan stres,” katanya.

“Program ini sudah berjalan hampir setahun, antusias masyarakat bagus, tapi memang masih harus digerakkan, intinya dalam kegiatan ini kita berikan edukasi tentang penyakit kronis dan pola hidup sehat, “Pungkas Toyalis

Perlu diketahui dalam acara gathering tersebut ada beberapa rangakaian acara yaitu senam, edukasi oleh dokter spesialis, pemeriksaan kimia darah dan pemeriksaan HbA1c tanpa dipungut biaya. Kegiatan tersebut merupakan bentuk sosialisasi tentang upaya promotif preventif bagi peserta JKN-KIS khususnya penyandang penyakit kronis (DM dan Hipertensi). Untuk meningkatkan awareness peserta JKN-KIS terkait upaya peningkatan kualitas kesehatan secara mandiri khususnya peserta Prolanis. (sis/rifa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here