Menaker Hanif Temukan Pelanggaran di Pabrik Mercon di Kosambi Tangerang

Centralnews – TANGERANG, (29/10) Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, M. Hanif Dakhiri mengunjungi lokasi kebakaran pabrik kembang api PT Panca Buana Cahaya Sukses di Desa Cengklong, moncler armoise albizia 2 Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang yang meledak dan menewaskan 48 orang pekerjanya, Minggu (28/10/2017) sore.

Hanif mengaku terkejut, bila pabrik tersebut tidak layak untuk mempekerjakan karyawan dan disebut pabrik. “Temuan sementara saya melihat ini tidak mirip seperti pabrik tapi seperti gudang. Jadi kita lihat dari segi sarana prasarananya sangat belum memadai, seperti jalur evakuasi,” ujarnya.

michael kors customer service coats “>Tak hanya sarana dan prasarana pabrik yang dinilainya tak memenuhi standar, Hanif juga menemukan tak adanya standar operasional sesuai prosedur. Sehingga membuat seluruh kegiatan bercampur menjadi satu dalam gudang tersebut, padahal produksi yang mengandung bahan berbahaya memiliki standar tersendiri.

“Menyimpan, mengolah produksi barang-barang berbahaya tentu ada SOP yang harus mengutamakan sisi keselamatan kerja yang lebih tinggi, dengan kondisi risiko yang tinggi,” tuturnya.

Loading...

Jelas berbeda dengan pabrik-pabrik yang lainnya yang tidak masuk dalam kategori berbahaya. nfl jerseys differences dak prescott “Sehingga standar K3 kurang,” ujar Hanif.

Dengan temuan tersebut, Hanif mengaku akan meminta jajarannya untuk menindaklanjuti adanya dugaan pelanggaran dalam prosedur kerja di pabrik tersebut.

“Oleh karenanya kita minta pada jajaran pengawasan tenaga kerja di pusat dan provinsi agar bisa ditindak lanjuti kalau misalnya ada unsur tindak pidananya tentu akan kita proses hukum pidana. Kalau perdata ya kita proses perdata,” ujarnya. (yandi/rifa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here