Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke- 89, Bupati Lebak Ajak Pemuda Bersatu dan Berkarya untuk Bangsa

Centralnews – LEBAK, Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya didampingi Wakil Bupati Lebak H. Ade Sumardi beserta Unsur Forkopimda mengikuti upacara  Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke- 89 Tahun 2017 di Alun-Alun Kota Rangkasbitung, Senin (30/10/2017).

Bupati Lebak selaku pembina upacara mengatakan kita patut bersyukur atas sumbangsih para pemuda Indonesia yang sudah melahirkan sumpah pemuda dan sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas bagi bangsa Indonesia.

“Pernahkan kita membayangkan bagaimana seorang Mohammad Yamin dari Sawah Lunto dapat bertemu Johannes Leimena dari Ambon, Katjasungkana dari Madura dapat bertemu dengan Lefrand Senduk dari Sulawesi padahal jarak Sawah Lunto dengan Kota Ambon lebih dari 4000 Km sedangkan sarana transportasi saat itu masih mengandalkan laut dan dibutuhkan berminggu-minggu untuk bisa dapat bertemu, dan bukan hanya bertemu tetapi mereka berdiskusi, bertukar pikiran, mematangkan gagasan hingga akhirnya bersepakat mengingkatkan diri dalam Komitmen Ke Indonesiaan” jelas Bupati Lebak.

Loading...

Lebih Lanjut Bupati Lebak mengatakan bahwa api Sumpah Pemuda harus kita ambil dan terus kita nyalakan, kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa dan kita juga harus berani melawan ego kesukuan, keagamaan dan kedaerah kita.

“Seperti apa yang dikatakan Presiden Pertama Republik Indonesia Bung Karno, bahwa kita jangan mewarisi abu sumpah pemuda, tapi warisilah api sumpah pemuda, karena kalau sekadar mewarisi abu, kita hanya akan puas dengan Indonesia yang sekarang yakni satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air, tapi ini bukan tujuan akhir” Ungkap Bupati.

Buati Lebak berharap agar kita memperkukuh persatuan dan kesatuan Indonesia dan stop segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa.

“Kita seharusnya malu dengan pemuda 1928 dan juga kepada Bung Karno karena masih berkutat pada soal-soal ini saja, dan sudah saatnya kita melangkah ketujuan lain yang lebih besar, yaitu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.” Pungkasnya.

Ketua GP Ansor Lebak Ade Bujhaerimi selaku salah satu tokoh muda di Kabupaten Lebak ditanyai seusai upacara Peringatan hari Sumpah Pemuda ke- 89 mengatakan bahwa peran pemuda saat ini sangat vital sebagai generasi penerus pembangunan bangsa, untuk itu perlu adanya persatuan dan kesatuan antara ormas pemuda dan pihak pemerintah agar terbentuk sinergitas dalam membangun bangsa khususnya Kabupaten Lebak.

“Pemuda di Kabupaten Lebak harus bersatu, bersatu dan bersatu, adapun krikil-krikil permasalahan yang muncul merupakan dinamika sebuah demokrasi, justru perbedaan itu yang membuat kita kuat”. Ujar Ade.

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke- 89 yang diselenggarakan di Alun-Alun Kota Rangkasbitung di hadiri oleh Ribuan peserta upacara yang terdiri dari berbagai unsur perangkat pemerintahan dan ormas kepemudaan di Kabupaten Lebak,”Tutupnya (andri/rifa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here