Pengangguran Di Pandeglang Capai Puluhan Ribu Orang

Centralnews – Pandeglang. Berdasarkan data yang dimiliki Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pandeglang, selama tiga tahun terakhir tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Pandeglang pada Agustus 2015 sebanyak 50.192 orang.

Menyikapi hal tersebuf, Kepala BPS Pandeglang Tri Cahyo menuturkan, dalam dua tahun terkahir jumlah pengangguran di Pandeglang mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya. Hal tersebut diakibatkan banyaknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di berbagai daerah sehingga warga Pandeglang kembali ke kampung masing-masing dengan status pengangguran.

“Penyebab lainnya adalah investasi di Pandeglang yang masih minim membuat masyarakat Pandeglang semakin kebingungan untuk mencari pekerjaan. Sedangkaan jumlah kelulusan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan sederajat lumayan banyak jadi tidak seimbang dengan jumlah pekerjaan yang ada di Pandeglang,” bebernya, (7/11).

Ia melanjutkan, sebagian besar jumlah pengangguran yang ada di Pandeglang didominasi oleh lulusan SMK dan sederajat. Hal itu ditemukan ketika BPS Pandeglang melakukan survai pada bulan Agustus lalu, saat itu banyak para lulusan SMA dan Universitas masih menganggur.

Loading...

“Baik SMK maupun lulusan universitas ketika lulus sudah siap kerja, sementara lapangan pekerjaan yang menampung itu sangat terbatas. Sehingga cukup banyak juga yang menjadi penganggur,” tutur Cahyo.

Cahyo berpesan, Pemkab Pandeglang agar fokus pada program kerja dibidang pertanian. Hal ini dikarenakan pada tahun 2015 tercatat mayoritas masyarakat yang bekerja dari sektor pertanian mencapai 42,96 persen, jasa kemasyarakatan 17,37 persen, disusul dengan perdagangan 16,47 persen dan industri pengolahan sebesar 7,41 persen.

“Saran saya, Pemkab Pandeglang sebaiknya memaksimalkan sektor pertanian. Karena kalau pertanian sudah bergairah, maka saya yakin ini akan menambah daya tampung pekerjaan bagi jumlah pengangguran yang ada di Pandeglang,” tutup Cahyo. (ahmad/yan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here