Pada Tubuh yang Terjadi Ketika Sesorang Menangis

Foto: Net/Ilustrasi Menangis

Central Artikel – Kamu yang dari dulu hatinya peka dan sensitif, pasti sering terjebak di situasi yang membingungkan. Ketika suasana hati sedang tidak enak, situasi sekitarmu tidak sesuai dengan yang kamu harapkan, atau ada hal-hal yang membuat hatimu tersentuh, kamu bawaannya suka pengen nangis. Apalagi kalau kamu jadi pelampiasan kemarahan orang lain. Boro-boro balik marah, kamu malah menitikkan air mata walau nggak salah.

Menangis adalah respons fisik akibat dari refleks ataupun dari gejolak emosi yang dirasakan oleh seseorang. Pada beberapa kasus, menangis adalah sinyal yang dikirimkan oleh seseorang pada orang lain untuk memberitahu bahwa seseorang itu benar-benar sedih atau tertekan.

Namun tahukah Anda, apa saja yang terjadi pada tubuh ketika seseorang menangis? Dilansir Glitzmedia, michael kors bedford d15b berikut uraiannya:

  1. Mengaktifkan sistem lakrimal

Ketika menghadapi situasi penuh emosi atau menonton film sedih, otak akan mengaktifkan sistem lakrimal yang memproduksi sekaligus mengeringkan air mata. Hal ini membuat rasa perih di area mata dan kemudian air akan menetes.

Ketika mengedipkan mata, sistem lakrimal akan mengeringkan kelembapan berlebih akibat air mata. Proses tersebut akan mengalirkan air mata yang kemudian menyumbat hidung.

  1. Detoksifikasi
Loading...

Leucine enkephaline, endorphin yang mengurangi rasa sakit dan dapat membangkitkan mood, akan terlepas. Hal ini berarti tubuh sedang mendetoksifikasi dari hormon kortisol yang menjadi penyebab stres. Jadi saat Anda sedang marah atau sangat tertekan, tidak ada salahnya menangis.

    monster beats earbuds review law ” start=”3″>

  1. Sensasi globus

Globus sensation adalah rasa tidak enak di tenggorokan yang muncul ketika seseorang menangis. Aktifnya sistem lakrimal membuat tenggorokan terasa tercekat akibat adanya sensasi globus. Reaksi di tenggorokan ini pula yang membuat Anda merasa sesak ketika menangis.

  1. Terlepasnya hormon kortisol

Meski menangis dapat mendetoksifikasi hormon kortisol namun di saat yang sama hormon tersebut juga diproduksi otak ketika Anda menangis. Ini yang menjadi alasan mengapa saat menangis Anda merasa sangat sensitif dan mudah marah.

Pada saat yang sama, menangis juga merupakan proses menenangkan diri akibat adanya detoksifikasi. Karena itulah Anda akan merasa lebih lega setelah menangis.

  1. Sinyal antar manusia

Setiap mahluk pasti punya cara sendiri untuk memberikan sinyal pada sesamanya, termasuk manusia. Ternyata, menangis merupakan sinyal seseorang kepada sesama untuk menarik simpati. nfl jerseys at target nba jerseys Ketika seseorang menangis, mereka bukan membutuhkan solusi melainkan dukungan emosional untuk membuatnya merasa lebih baik.

  1. Dehidrasi

Apakah Anda merasa pusing setelah menangis? Jika ya, maka Anda mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi karena banyaknya air mata yang keluar. Dehidrasi tersebut akan membuat otot menegang, tekanan darah menurun, hingga rasa mual yang menyebabkan Anda pusing bahkan ingin muntah. Jadi ketika ada seseorang yang menangis, cobalah untuk memberinya cukup air mineral untuk mengurangi risiko dehidrasi.

Jangan malu menangis, karena mengeluarkan airmata itu sehat. (ani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here