5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Penghujan

Pergantian musim di Indonesia dari musim kemarau ke musim penghujan biasanya membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan. Hujan yang terus menerus mengguyur dari pagi hingga malam terkadang menjadi rutinitas yang harus kita hadapi, sehingga tubuh kita dipaksa untuk beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda dari sebelumnya.

Jika tidak segera mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius maka kemungkinan tubuh terkena penyakit akan lebih besar. Lantas bagaimana cara agar kondisi tubuh tetap fit saat musim pengujan?

Berikut adalah tips pintar menjaga kesehtan saat musim penghujan:

Makan Makanan Sehat

Saat musim hujan, suhu jadi lebih rendah dan tubuh juga memerlukan banyak kalori untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, tubuh juga perlu banyak asupan nutrisi untuk mencegah terserang penyakit. Perbanyak makan makanan kaya vitamin C dan antioksidan karena dapat menguatkan imun tubuh.

Minum Air Putih dan Sesekali Teh Herbal

Banyak minum air putih juga membantu detoks tubuh dari racun. Meskipun cuaca dingin, kamu harus tetap banyak minum air putih untuk menjaga kesegaran tubuh dan menghindari dehidrasi. Asupan air yang cukup juga bisa membuat tubuh tidak mudah lemas dan mengantuk. Pastikan air yang anda minum bersih dan matang. Selain itu, baik sekali minum teh herbal untuk menguatkan dan menghangatkan tubuh, apalagi jika anda habis kehujanan.

Cuci Tangan dengan Sabun

Anda mungkin memiliki kebiasaan buruk tidak mencuci tangan saat ingin melakukan apa pun, dan hal inilah yang harus diubah. Tangan adalah tempat yang sangat baik menjadi sarang virus dan bakteri, bisa saja anda terserang flu karena tidak menjaga kebersihan tangan. Jika tidak sempat mencuci tangan, bawa hand sanitizer ke mana pun anda pergi.

Jaga Kebersihan Lingkungan

Selain menyegarkan, musim hujan juga rawan sekali penyakit. Jika hujan sangat deras, biasanya akan membawa sampah dari berbagai macam tempat, dan jika mengendap di halaman rumah anda, bisa membawa penyakit. Jadi, bersihkan rumah dan lingkungan sekitar untuk mencegah bersarangnya penyakit.

Kenakan Pakaian yang Tebal dan Hangat

Pakaian juga akan mempengaruhi kesehatan anda di musim penghujan. Baju tipis dan transparan kurang cocok dikenakan saat musim ini, terutama jika aktivitas yang anda lakukan lebih banyak di luar ruangan. Untuk itu, ada baiknya beralihlah pada pakaian yang lebih tertutup, tebal serta terasa hangat untuk tubuh anda. Pakaian dengan model seperti ini tentunya akan menjaga anda dari udara dingin saat musim penghujan. (epil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here