Belasan Kecamatan Berpotensi Banjir, Ini Upaya BPBD Pandeglang

Centralnews – Kabupaten Pandeglang. Berdasarkan data dari catatan harian Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang, diperkiraan pada 28-29 November 2017, Kabupaten Pandeglang dan sekitarnya mengalami hujan berupa hujan petir, hujan lokal, hujan ringan dan didominasi hujan sedang.

Mengikapi hal tersebut, Kepala BPBD Pandeglang Dadi Supriadi mengatakan, sebanyak 13 kecamatan di Pandeglang yang berpotensi banjir, dimana 2 kecamatan yaitu Kecamatan Patia dan Pagelaran merupakan kecamatan langganan banjir.

“Yang langganan itu ya mulai dari selatan itu Cikeusik, Munjul, Sindangresmi, Picung, Bojong ada sedikit, Saketi, Pagelaran, Patia, Sukaresmi, Panimbang, Sobang, Labuan, dan Ciegulis sedikit,” ujarnya, (28/11).

Ia menambahkan, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya seperti sosialisasi, kesiagaan personil dan alat evakuasi, bahkan koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Loading...

“Intinya pemerintah tidak diam, bukan kabupaten aja, pemerintah pusat juga bertindak supaya tidak terjadi kebanjiran,” tegasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data yang dimiliki BPBD Pandeglang pada akhir bulan November 2017, beberapa wilayah Pandeglang telah mengalami banjir dan puting beliung. Seperti banjir di Desa Surianeun Kec. Patia dengan ketingian air 20 cm. Namun, situasi di lokasi kondusif dan warga beraktifitas seperti biasa. Adapun penyebabnya yaitu air meluap dari air persawah karena curah hujan yang sangat tinggi selama 2 hari berturut – turut. (Ahmad/Yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here