Pertolongan Pertama Pada Ponsel yang Terkena Air Hujan

Memasuki musim penghujan biasanya membuat anda kewalahan dalam melindungi barang elektronik anda dari air hujan saat bepergian, apalagi saat berkendara menggunakan sepeda motor atau ketika anda sedang berjalan kaki.

Barang elektronik yang selalu anda bawa kemanapun dan kapanpun pastinya adalah ponsel. Memang tidak semua ponsel langsung rusak apabila terkena air hujan, namun apabila hal tersebut sudah terjadi pada ponsel anda maka anda harus melakukan pertolongan pertama pada ponsel anda sebelum rusak total. Dalam menyelamatkan ponsel yang terkena air memang cukup sulit. Karena beberapa komponen ponsel akan langsung tidak berfungsi ketika kontak dengan air.

Di bawah ini merupakan pertolongan pertama apabila ponsel anda terkena air.

1.      Lepaskan Baterai, Memory Card, dan SIM Card

Jangan sesekali anda mencoba untuk menghidupkan ponsel dalam keadaan basah. Untuk meminimalisir kerusakan akibat terjadinya korslet setelah ponsel terkena air adalah dengan melepaskan baterai. Jangan lupa juga melepaskan SIM card dan memory card (jika ada).

2. Lakukan Pengeringan Total

Keringkan ponsel menggunakan kipas angin atau hair dryer, tetapi jika mengeringkan dengan hair dryer jangan terlalu dekat dan terlalu lama dengan ponsel, karena udara panas yang dihasilkan hair dryer bisa merusak komponen pada ponsel anda.

Untuk mengatasi baterai yang mati karena terkena air, anda bisa mengakalinya dengan cara menjemur baterai tersebut di bawah sinar matahari terik minimal 1 sampai 2 jam atau secukupnya saja hingga baterai benar-benar kering. Setelah itu charge baterai tersebut dengan menggunakan charger portable.

3. Rendam dalam Beras

Ambil beras sekotak penuh lalu rendam ponsel anda yang terkena air tadi di dalam beras dalam waktu 1 atau 2 hari. Hal ini bertujuan untuk mengeringkan sisa-sisa air yang ada pada komponen ponsel, karena beras dapat menyerap kadar air dan mengurangi kelembaban.

4.     Rakit Ponsel Kembali

Setelah proses pengeringan selesai, pasang kembali baterai, SIM card dan Memory Card anda. Jika sudah terpasang coba hidupkan ponsel anda.

Seharusnya ponsel tersebut bisa nyala normal lagi atau setidaknya nyala putih, semua tergantung pada berapa lama ponsel tersebut terkena air dan seberapa cepat anda menangani ponsel tersebut.

Semua tips di atas bukanlah tips untuk memperbaiki ponsel yang terkena air, tapi memberikan pertolongan pertama setelah ponsel terkena air.

Jadi, apabila ponsel anda masih belum bisa nyala normal setelah melakukan tips di atas, sebaiknya bawa ke counter service HP untuk dilakukan perbaikan secara intensif. (epil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here