Cuaca Ekstrim Provinsi Banten Rawan Banjir Dan Longsor

Centralnews – Kota Serang. Jelang masuk musim penghujan di Banten, Basarnas telah memetakan daerah rawan bencana alam baik banjir maupun longsor.

Untuk wilayah Kabupaten Serang, sepanjang aliran Sungai Ciujung menjadi lokasi rawan banjir. Lalu di Kabupaten Pandeglang, di sepanjang aliran Sungai Cicangu, menjadi lokasi yang setiap musim penghujan langganan banjir.

“Di daerah mancak rawan banjir dari Sungai Cidanau. (Kabupaten) Lebak rawan longsor. Daerah Pakuhaji (Tangerang) rawan banjir,” kata Zaenal Arifin, Kepala Kantor SAR Banten, saat ditemui di kantornya, Rabu (29/11/2017).

Nelayan yang akan melaut mencari ikan diharapkan berhati-hati mengantisipasi gelombang tinggi di wilayah perairan Barat Banten yang gelombang nya mencapai dua meter dan di perairan Selatan Banten yang tingginya lebih dari dua meter.

Loading...

“Kami siapkan (bantuan) matra darat, matra laut. Perahu karet kita siap. Kapal boat kita siapkan untuk di perairan. Ada posko gabungan pas terjadi bencana,” jelasnya.

Basarnas Banten yang hanya beranggotakan 12 personil mengaku dengan segala keterbatasan yang ada akan berupaya membantu proses evakuasi dan memberi pertolongan saat terjadi bencana.

“Kalau kendala pasti ada, (kekurangan) SDM, alat utama. Tapi kita meminimalisir kekurangan itu dengan potensi yang ada. Kerjasama dengan KSOP, ASDP (Merak), Bakamla, Polair, TNI AL,” jelasnya. (Yandhi/Yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here