Kursi DPRD Pandeglang dari Dapil 1 “Hijrah” ke Dapil 4

Centralnews, Pandeglang – Menjelang Pemilihan Legislatif (Pileg) di Kabupaten Pandeglang, terdapat beberapa perubahan jika dibandingkan dengan Pileg tahun 2014 lalu.

Komisioner KPU Banten Saiful Bahri mengatakan, jumlah penduduk Dapil 1 di Pandeglang menurun jika dibandingkan dengan Pileg 2014, sehingga kursinya berkurang dari 10 kursi menjadi 9 kursi.

“Sementara untuk jumlah penduduk Dapil 4 Pandeglang mengalami kenaikan yang signifikan sehingga menyebabkan jumlah kursi bertambah dari 7 kursi menjadi 8 kursi, ujarnya usai menghadiri rapat kerja koordinasi di Kabupaten Pandeglang, Senin (05/12/17).

Lebih lanjut Saiful menegaskan, untuk total kursi di Pandelang masih tetap 50 dan jumlah Dapil tidak berubah yaitu 6 Dapil. “Hal ini dikarenakan prinsip penambahan dan pengurangan Dapil tidak mungkin berubah jika disetiap Dapil dengan penambahan jumlah penduduk masih belum melebihi 12 kursi per Dapil,” terangnya.

Loading...

Terpisah, Komisioner KPU Pandeglang Ade Mulyana mengatakan, prinsip penataan Dapil dan alokasi kursi yaitu proporsionalitas, integralitas wilayah, coterminous, dan kesinambungan dengan pemilu sebelumnya.

“Kesetaraan suara, kohesivitas, dan ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional,” imbuhnya. (yusuf/epil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here