Komisioner KPAI Menganggap SD Sadah Jauh dari Kata Layak

Centralnews, SERANG – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menilai kondisi gedung SDN Sadah, Desa Kaserangan, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang paling parah dibandingkan sekolah yang ada di belahan Indonesia lainnya.

Komisioner KPAI Retno Listyarti bukan sembarang menilai. Selama empat bulan bertugas dan mengunjungi berbagai sekolah di pelosok nusantara, SD Sadah termasuk paling memprihatinkan kondisinya.

Retno pun melihat-lihat kondisi enam ruang kelas yang ada dan melihat ruang guru. Menurut penilaiannya, dari enam kelas serta ruang guru tersebut hanya satu ruang kelas yang terlihat bagus, yakni ruang kelas enam

“Dari enam ruang kelas paling bagus cuma ruangan kelas enam, ruang kepala sekolah dan guru juga tidak layak, ya. Karena ruangannya sempit,” tuturnya saat mengunjungi SDN Sadah, Kabupaten Serang, Kamis 07/12/2017.

Ruang semi permanen, termasuk atap yang menggunakan asbes membuat susana di dalam terasa panas. Apalagi bila berada di dalam kelas saat siang hari.

Menurutnya, sekolah yang disekelilingnya terdapat kandang ternak bebek dan ayam ini, serta tumpukan sampah sangat terasa ada aroma bau yang tercium.

“Dengan dekatnya kandang ternak bebek dan ayam serta tumpukan sampah jadi tercium bau, Kalau masyarakat nggak┬ámerasakan. Udah biasa. Kita yang baru kesini, terasa banget,” ujarnya.

Berdasarkan penelusurannya, sekolah dasar yang tak jauh dari lahan Puspemkab Serang ini, sangat tidak layak dan jauh dari delapan standar minimum. “Lapangan, kantin tak layak. Perpustakaan pun tidak ada,” ucapnya. (oki/epil)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here