KPAI : kondisi SDN Sadah Kabupaten Serang Jauh Dari Kata Layak

Poto : Kondisi Kelas SD Sadah. Kabupaten Serang

Centralnews- Kabupaten Serang, Komisioner komisi Perlindungan Anak Indonesia bidang pendidikan retno listyarti menyatakan Sekolah Dasar Negeri Sadah yang berada di desa Keserangan Kabupaten Serang Banten dinilai sangat jauh dari kata layak baik dari segi sarana prasarana dan bangunan.

Komisioner KPAI bidang pendidikan Retno Listyarti hari ini (7/12) melakukan kunjungan ke SDN Sadah di kampung Keserangan kecamatan Ciruas Kabupaten Serang banten untuk melihat langsung kondisi sekolahan yang sempat viral di media sosial beberapa saat lalu terkait dengan sekolah bekas kandang kerbau. Dari hasil kunjungan, dirinya nenyatakan bahwa konsisi SDN Sadah sangat jauh dari kata layak baik sarana prasana dan bangunan.

“Dari keliling keliling itulah saya sadar ini jauh dari layak, yang permanen itu cuman diruang kepala sekolah dan kelas enam itupun tidak layak karena ruanganya sangat kecil,” Ucap Retno Listyarti.

Retno Listyarti lebih lanjut menyampaikan dari 97 murid dan serta beberapa guru yang berada di sdn sadah hanya memiliki satu kamar mandi. Kemudian bangunan yang kondisinya semi permanen dengan jumlah murid 18 hingga 20 setiap kelas juga di katakan jauh dari kata layak. Kondisi di sekitar sekolah yang di kelilingi kandang ternak warga juga menambah kondisi SDN sadah jauh dari kata layak, kemudian kondisi lapangan dan kantin sekolah yang terbilang jauh dari standar minimum nasioal.

“Sangat tidak layak, satu WC untuk 98 murid dan guru, bangunan yang semi permanen dengan jumlah siswa sangat sangat jauh dari kata layak” lanjutnya.

Dengan kondisi dan posisi SDN Sadah yang tidak jauh dari Ibu Kota Negara seharusnya kondisinya bisa lebih baik, seharusnya bisa tersentuh. Kondisi ini harus menjadi keseriusan kemendikbud, Pemprov dan khususnya Pemkab mengingat kondisi ini sudah terjadi semenjak 2015.

“seharusnya mampu lah kalau cuman 1 milyar untuk anggaran pembangunan prioritas SDN ini,DPRD kemana ini ” tambahnya.

komisioner Retno Listyarti menambahkan seusai melakukan kunjungan dan analisis data yang di peroleh KPAI akan menuliskan surat resmi kepada kemendikbud, presiden dan surat tembusan kepada gubernur dan bupati serang untuk tindak lanjut terkait pembangunan sarana prasarana. (Mamo/ATP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here