Sensasi Dingin, Berendam di Kolam Air Pegunungan

Centralnews – Kabupaten Serang, Tiga kolam pemandian dengan air yang jernih, hingga terlihat bebatuan di dasarnya dan ikan kecil yang berenang hilir mudik. Itu yang pertama kali dilihat saat datang ke lokasi Pemandian Cirahab.

Air kolam yang dingin berasal dari sekitar pegunungan, mengalir di kolam Pemandian Cirahab yang berlokasi di Desa Cirahab, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Banten.

“Dulu ini saya nyuci baju disini waktu kecil. Dulu enggak sebesar ini kolam nya,” kata Jihan, warga setempat, saat ditemui di lokasi pemandian, Sabtu (13/1/2017).

Dengan menempuh sekitar satu jam perjalanan dari Kota Serang, kolam pemandian alami dengan air yang mengalir dari pegunungan disekitar, menjadikan air terasa dingin dan segar, saat menceburkan tubuh ke dalam air.

Suasana yang sejuk dan asri, membuat kita semakin berselera makan dan betah menikmati ketenangan kampung.

Perjalanan dari Kota Serang bisa melalui rute ke arah perempatan Palima, lalu mengambil arah Ciomas – Padarincang. Sesampai di pertigaan pasar Ciomas, berbelok ke kanan.

Suasana perjalanan dengan pemandangan persawahan, Gunung Karang dan Gunung Pulosari, membuat pengendara tak terasa selama diperjalanan.

Terlebih saat sampai di lokasi pemandian, dengan membayar tiket Rp 25.000 untuk satu unit mobil beserta penumpang dan Rp 10.000 untuk satu motor beserta penumpangnya. Wisatawan sudah bisa menikmati dinginnya air pegunungan yang bisa digunakan untuk mandi dan berenang.

Dengan bebatuan di dasar dan ikan yang bisa terlihat, karena jernihnya air, jangan segan untuk berlama-lama menikmati kesegaran aliran air dari pegunungan sekitar.

“Dingin, enggak kuat kalau lama-lama renang. Tapi emang enak disini, masih sepi,” kata Rinto, wisatawan asal Kota Serang, saat ditemui di lokasi.

Namun, karena masih dikelola secara tradisional oleh warga kampung sekitar, belum bisa tertata secara rapih. Sampah masih banyak berserakan di berbagai sisi lokasi sekitar kolam renang, masih sering becek saat air meluber.

“Ya harus nya di bersihin sampah-sampah nya. Terus biar enggak becek kaya gini di tata gimana gitu. Kita kan udah bayar ini soalnya,” kata Agus Tri, wisatawan asal Kasemen, Kota Serang, Banten, dialokasi yang sama.

Pemandian alam Cirahab memiliki 3 (tiga) kolam, yakni ;

  • Kolam Batu Cinta : Dinamai begitu oleh banyak orang karena jika dilihat dari kolamnya, di buat dari bebatuan dan di susun menyerupai jantung hati, biasanya pengunjung yang mandi adalah sepasang kekasih yang sedang berlibur.

  • Kolam khusus anak-anak : Bagi keluarga yang berkunjung ke Cirahab tidak perlu khawatir karena disana juga ada kolam yang dangkal dan cocok untuk anak-anak, pastinya tetap dalam pengawasan orang tua.

  • Kolam umum : Kolam ini sengaja di buat dengan kapasitas yang besar karena kolam ini untuk semua kalangan pengunjung, atau rombongan wisatawan.

 

(yandi/atp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here