Buka Mata, Peduli Pendidikan Hingga Orang Dengan Gangguan Jiwa

Centralnews

Centralnews – Serang, Buka mata merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang Sosial dan Pendidikan yang didirikan Tanggal 7 Juli 2014 di Kota Cilegon. Organisasi tersebut memiliki tagline “Memanusiakan Manusia”. Kegiatan tersebut biasa dilakukan di Cilegon pada hari Minggu, mulai dari siang hingga sore hari. Dimulai dari mengajarkan pendidikan untuk anak-anak binaan mereka hingga turun kejalan (sweep street) dengan membagikan makanan bagi para tunawisma hingga Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

“Buka Mata ini berawal dari kegiatan sosial, berawal dari temen-temen yang melihat Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Seringkali orang banyak yang takut, sebenernya ODGJ bisa lebih friendly ketimbang orang-orang yang normal yang memiliki rasa, karena ODGJ tidak memiliki rasa itu sehingga bisa lebih friendly sehingga mereka bisa lebih tulus”, tutur Seno, Koordinator Sweep Street.

Centralnews

Untuk memperluas aksi tersebut, organisasi Buka Mata mulai menyasar Kota Serang. Dan untuk pertamakalinya aksi tersebut dilakukan kemarin yang bertempat di Alun-Alun Barat Kota Serang, Sabtu (31/03/18).

Kegiatan yang dilakukan di Serang yaitu dengan membagikan makanan kepada para Tunawisma dan ODGJ dengan menyusuri jalan yang dimulai dari Alun-Alun Barat Kota Serang Hingga Pasar Rau Serang.

Foto: Buka Mata (IG: bukamata_org)

“Di Buka Mata ada 2 projek, yaitu projek Edukasi dan Sosial. Untuk projek edukasi di Cilegon dinamakan Saung Edukasi. Kita di Program edukasi juga ada ada kegiatan Beasiswa dan Alhamdulillah saat ini ada sekitar 8 anak yang kita coba bantu untuk sekolahnya, sekolah di daerah Cilegon.” Tutur Akbar, Ketua Buka Mata.

“Kedua, Kita punya event tahunan namanya Camping Sosial, Camping Sosial tahun lalu kita adakan di Rangkas, sebelumnya di Mauk, Kita juga pernah ngadain di Jonggol dan untuk pertama kali kita ngadain di Bantar Gebang, Next Camsos 5 insya allah akan kita infokan lagi, insya allah bulan Agustus.” Tuturnya.

Apabila teman-teman ingin tau lebih lanjut tentang Organisasi Buka Mata bisa lihat infonya di Instagram Buka Mata yaitu bukamata_org. (Septian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here