BI Mengizinkan 97 Bank Untuk Menerbitkan Logo GPN

Foto : Net

Centralnews – Jakarta, Bank Indonesia (BI) menyebut 97 bank penerbit kartu ATM/debit telah mendapatkan izin untuk menerbitkan kartu dengan logo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) tahun ini.

Deputi Gubernur BI Sugeng menargetkan sebanyak 100 perbankan menerbitkan kartu ATM/debit dengan gambar burung garuda merah tahun ini. Saat ini, BI masih terus mendorong perbankan untuk segera mengikuti program GPN.

“April ini istilahnya kick off lah mengenai penggunaan logo secara massal,” ujarnya.

Sementara itu, BI telah mewajibkan per 1 Januari 2018 penerbit wajib mulai menerbitkan kartu ATM atau kartu debet berlogo GPN dan sejak 1 Januari 2022, Penerbit wajib memastikan seluruh nasabah yang memiliki kartu ATM atau kartu debet harus memiliki paling sedikit satu kartu ATM dan kartu debet berlogo GPN.

Meskipun masih ada tiga bank yang harus dikejar untuk mencapai target tersebut, Sugeng optimistis penggunaan logo GPN di kartu ATM/debit dapat dilakukan bulan ini juga secara massal.

“Harus optimis,” imbuhnya.

Sejauh ini, dari 97 bank yang telah mendapatkan izin menerbitkan kartu ATM/debit berlogo GPN, kenyataannya baru PT Bank Maybank Indonesia Tbk yang merilis kartu ATM/debit dengan gambar burung garuda merah.

Untuk pelaku industri masing-masing pelaku industri tidak perlu berkompetisi di penyediaan infrastruktur kanal pembayaran. Dan dari segi merchant membuat kanal pembayaran di merchant dapat menerima seluruh kartu.

Kebijakan tersebut telah diatur dalam Peraturan Bank Indonesia  No.19/8/PBI/2017 tentang Gerbang Pembayaran Nasional/National Payment Gateway. Salah satu poin mengungkapkan Bank Indonesia menetapkan kebijakan branding nasional yang terdiri atas logo nasional, perluasan akseptasi (penerimaan) nasional, dan kewajiban pemrosesan domestik.(Lin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here