Polresta Tangerang : Kaum Milenial Menjadi Garda Terdepan Anti Hoax 

Polresta Tangerang mengadakan pelatihan literasi media sosial

Centralnews – Kota Tangerang, Senin (9/4/18)Gelar Pelatihan Literasi Media Sosial, Kapolresta Tangerang Berharap Kaum Milenial Jadi Garda Terdepan Anti Hoax.

Dalam rangka menindaklanjuti deklarasi anti hoax yang dilakukan Polresta Tangerang beberapa waktu lalu bersama berbagai elemen masyarakat, Polresta Tangerang mengadakan pelatihan literasi media sosial. Mengangkat tema Generasi Milenial Gatda Terdepan Anti Hoax, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman bahwa hoax ini dapat memecah belah dan menghancurkan petsatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

“Media sosial ini bagaikan pisau bermata dua. Satu sisi bisa menjadi media yang mampu menyebarkan informasi secara luas dan cepat sehingga pesan-pesan yang kita sampaikan dapat terbesar. Namun di lain sisi, media sosial juga bisa dapat menjadi destruktif karena jika digunakan untuk tujuan-tujuan yang negative maka media sosia dapat menyebarkan berita hoax, ujaran kebencian, fitnah dan sebagainya,” ujar Kapolres Kota Tangerang Kombes Pol. H. M. Sabilul Alif.

Sabilul Alif mengatakan, Polri selama ini telah melakukan banyak penegakan hukum pada kegiatan-kegiatan di media sosial yang bertendensi pidana seperti hoax, fitnah dan ujaran kebencian. Di samping itu, Polri juga menggalang masyarakat untuk menguatkan komitmen agar tidak menyebarkan berita hoax.

“Sebagaimana yang kita ketahui bahwa hoax ini mampu memecah belah persatuan. Karena itu, Polri menyadari bahwa untuk mencegah hoax tidak cukup hanya dilakukan oleh Polri dan pemerintah saja, tapi juga harus diikuti oleh seluruh komponen masyarakat. Polri tidak bisa bekerja sendirian untuk bisa mencegah beredamya hoax,” katanya.

Loading...

Pelatihan literasi media sosial yang dibuka oleh Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo ini diberikan kepada anak muda atau kaum milenial yang merupakan anggota organisasi Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Tangerang. Ia meyakini bahwa anak-anak muda ini memiliki dasar kecintaan terhadap NKRI yang tinggi memiliki disiplin dan memiliki komitmen yang kuat untuk melakukan bela negara zaman now.

“Jika selama ini generasi milenial selalu dianggap yang ikut menyebarkan hoax maka dalam kesempatan ini, kami ingin menunjukkan bahwa generasi milenial merupakan generasi terdepan dalam memberantas hoax,” ungkapnya.

Selain itu juga mengundang perwakilan dari seluruh Polres di wilayah Polda Banten serta PPI di wilayah Polda Banten.

“Kami berharap agar kegiatan ini juga dapat dilakukan di wilayah lainnya sehingga dapat terbentuk sebuah komunitas media sosial yang positif. Bila hoax ini ada pabriknya maka hari ini kamj akan membentuk pabrik anti hoax untuk menyebarkan kebaikan,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Sabilul Alif menyatakan apresiasinya kepada Kemenko Polhukam yang turut mendukung acara ini dengan mengerahkan para nara sumber kompeten yang langsung dipimpin Deputi Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam Ir Arief P.Moekiyat. Selain itu, Kominfo pun mendukung pelatihan ini dengan mengerahkan nara sumbenya.

Dengan pelatihan ini Polresta Tangerang akan memiliki sahabat Polresta yang bukan saja tidak menyebarkan hoax tapi mampu mengindentifikasi hoax dan membuax counter narasi dengan gaya yg kekinian.

“Kami berharap dangan pelatihan ini mendapatkan mitra aktif dalam menyebarkan informasi positif yang dibmuhkan masyarakat,” ujarnya. (Mad/ RYD).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here