LSM Geram Banten Membantu Program Pencanangan GISA

Bupati Kab. Tangerang Ketau LSM Geram dan Kepala Disdukcapil Kab. Tangerang bersama dengan warga

Centralnews – Tangerang, Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Tangerang mencanangan GISA (gerakan Indonesia sadar administrasi kependudukan), acara pencanangan tersebut dilakukan di Kantor Kecamatan Jayanti. Senin, (16/04/2018).

Kepala Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Tangerang H.Syafrudin mengatakan, GISA merupakan perintah dari Mendagri untuk lebih menertibkan dan mensadarkan masyarakat khususnya di pedesaan agar sadar akan pentingnya administrasi kependudukan.

“tujuan gisa selain dalam rangka tertib administrasi kependudukan juga sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya administrasi kependudukan,” ujar Syafrudin.

Lanjut Syafrudin, dalam rangka kegiatan pencanangan GISA kali ini kita lakukan pencetakan sebanyak 460 akta lahir dan pencetakan KTP langsung jadi sebanyak 200 keping.

Penjabat Bupati Tangerang H.Komarudin sangat mengapresiasi atas kegiatan pencanangan GISA ini, karena sudah menjadi tugas pemerintah memenuhi dokumen dan administrasi kependudukan masyarakatnya, kedepan saya sangat menginginkan kegiatan pencanangan GISA ini bisa dilakukan diseluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang.

“terkait dokumen kependudukan, alhamdulilah nanti akan diberikan Akta Lahir dan KTP kepada masyarakat di Jayanti, kedepan saya harap seluruh warga di kabupaten Tangerang bisa tertib administrasi kependudukan, saya juga minta kepada Disdukcapil agar masyarakat bisa terdata dan teradministrasi dengan baik,” ucap Pejabat Bupati.

Tambahnya Pejabat Bupati Tangerang mengatakan, kedepan kita akan melakukan Pilkada pemilihan Bupati Tangerang secara serentak pada 2018, oleh karena itu diharapkan seluruh warga sudah tedata dan terekam di Disdukcapil, karena hanya warga yang sudah melakukan perekaman saja yang bisa melakukan pencoblosan.

penyerahan sertifikat

Sementara itu, Ketua LSM Geram Banten H.Alamsyah mengatakan, Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab Lembaga untuk membantu masyarakat, agar bisa mengurus data kependudukan yang baik dan benar, dan tidak mengeluarkan biaya (gratis), LSM Geram Banten bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk membantu masyarakat yang belum memiliki identitas diri, maka dari itu, dengan adanya LSM Geram Banten bisa membantu masyarakat untuk mengurus data kependudukan dengan mudah dan jarak yang sangat dekat.

“Masyarakat Kecamatan Jayanti bisa dibilang masyarakat ujungnya kabupaten tangerang, karena berbatasan langsung dengan Kabupaten Serang, mayoritas masyarakat dilingkungan memiliki rutinitas di wilayah sendiri, seperti menjadi petani, buruh harian lepas atau mengurus rumah tangga, banyaknya masyarakat yang awam terhadap data kependudukan, maka dengan ini kami bekerjasama dengan Disdukcapil Kabupaten Tangerang, untuk membantu masyarakat Kecamatan Jayanti agar memiliki identitas diri yang diakui oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang,” ucapnya.

Masyarakat Kecamatan Jayanti Aldo (36) mengatakan, terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang yang sudah mempermudah membantu masyarakat dalam mengurus administrasi, dengan datang ke wilayah kecamatan jayanti dan mendata warga, serta mengurus Akta Kelahiran yang mudah dan langsung jadi.

“Baru kali ini juga LSM bisa membantu masyarakat mengurus administrasi kependudukan yang sangat mudah, serta tidak di pungut biaya, sangat membantu sekali, semoga program ini bisa terus berjalan dan seluruh kecamatan yang ada di kabupaten tangerang bisa merasakan program yang sangat baik membantu masyarakat di kabupaten tangerang ini,” ujarnya. (Mad/RYD).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here