Setelah Dilakukan Penyortiran, KPU Tangerang Temukan 1.848 Surat Suara Rusak

Foto: net, Ilustrasi gambar Surat suara rusak.

Centralnews – Tangerang, Sebanyak 1.848 surat suara pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang 2018 yang tidak layak pakai atau rusak dimusnahkan oleh KPU dan Panwaslu Kota Tangerang.

Ribuan kertas tersebut dimasukkan satu persatu ke dalam mesin pencacah kertas di pelataran kantor KPU Kota Tangerang untuk dimusnahkan, Jum’at (22/6/18).

“Kami menyortir 1.056.597 surat suara yang datang, dimana 1.057.567 surat suara untuk keperluan pilkada dan 2,5 persen untuk cadangan apabila nantinya ada Pemilihan ulang,” ujar Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi Pane.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, setelah dilakukan penyortiran, pihaknya mendapati 1.848 surat suara yang rusak diantaranya bernoda, bolong, tanpa gambar dan buram.

“Kita inventarisir dan akan kita musnahkan, agar tidak ada surat suara bermasalah 27 Juni nanti,” ujarnya.

Loading...

Selain itu, Ketua Panwaslu Kota Tangerang Agus Muslim yang memastikan penyortiran dan pemusnahan surat suara tersebut mengatakan, pemusnahan itu merupakan suatu bentuk transparansi dalam keberlangsungan Pilkada.

“Hari ini kita menghadiri dan memastikan surat suara yang tersotir dan tidak terpakai bisa dimusnahkan, bentuk transparansi bahwa surat suara ini tidak digunakan macam-macam,” terangnya.

Agus Muslim mengungkapkan , dalam kegiatan pemusnahan tersebut pihaknya sangat mengapresiasi. Menurutnya, dengan begitu dapat dipastikan Pilkada akan berlangsung sesuai prosedur yang diharapkan.

“Secara kelembagaan ini bentuk yang mesti kita apresiasi bersama agar pilkada betul-betul secara proses prosedur administrasi bisa dipertanggungjawabkan,” katanya. (Tuti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here