Dari Pemuda Untuk Membangun Bangsa

Ilustrasi Semangat Pemuda

Centralnews – Opini, Pemuda adalah harapan bangsa karna ditangan pemudalah segala cita-cita ditumpahkan, kondisi pemuda saat ini adalah penentu kondisi bangsa dimasa mendatang. Pemuda adalah seluruh anak muda baik dari kota ataupun desa, bukan suatu penghalang atau alasan untuk mereka tidak berkontribusi untuk bangsa, karena dari desa ataupun kota mereka tetaplah sama-sama putra negri yang terlahir untuk negri. Pemuda sudah seharusnya memiliki ide-ide kreatif serta memiliki wawasan global dan pemuda juga dituntut untuk melakukan hal positif, seperti, pemuda yang menawarkan konsep kepada pemerintah terhadap pembangunan , pendidikan, perekonomian . Selain itu pemuda juga harus menjadi panutan terhadap remaja-remaja diusia belia, agar mereka bisa memiliki cita-cita menjadi pemuda karena pemuda-nya memiliki ide-ide brilian dan menarik perhatian kepada anak-anak yang hendak menuju remaja agar antusias mereka tinggi dalam berkontribusi untuk pembangunan bangsa. Selain itu juga para pemuda harus mampu bersaing dengan orang luar atau dalam negri dengan seiring perkembangan jaman yang tentunya dalam hal positif, sehingga para pemuda bisa menjadi garda terdepan dalam membangun bangsa.

Dijaman yang Instan ini jaman yang serba mudah untuk mengakses segala bentuk informasi, alat elektonik canggih bertebaran untuk membantu aktifitas keseharian kita, seharusnya kita tidak terlena  dan menganggap bahwa keadaan sedang baik-baik saja, padahal negara kita, negara indonesia sedang tidak baikbaik saja misalnya kita di adudombakan untuk saling membenci satu sama lain lewat berita yang belum tentu benar kebenarannya, saling menghujat dan saling menjatuhkan antar saudara, seolah lupa dengan semboyan kita Bhineka Tunggal Ika. Disinilah peran utama pemuda seharusnya, pemuda tidak ikut teradu domba, tidak begitu saja langsung terprovokasi dan ikut-ikutan membenci. Harusnya pemuda menjadi penjembatan dan penetral dari berita hoax tersebut, pemuda harus cekatan dan lebih jeli, memerikasakan kebenaran berita tersebut dan mampu mengatasi pertanyaan-pertanyaan masyarakat yang awam akan berita tersebut.

 Kenapa harus pemuda yang harus menjadi garda terdepan untuk membangun bangsa? Karena pemuda adalah aset utama, atau pondasi utama yang masih memiliki tenaga yang tangguh dan seharusnya sudah bersedia berkontribusi untuk bangsa dan negara. Dan pemuda juga bisa masuk pada lini manapun, baik dalam dunia politik, sosial, maupun masyarakat. Pemuda pun lah yang masih selalu digadang-gadang untuk melakukan perubahan , berkontribusi untuk negara, karena pemuda memiliki pemikiran yang jernih, pemikiran yang beragam untuk sama-sama mengatasi permasalahan yang ada di indonesia saat ini. Pemuda yang seperti inilah yang harus dimiliki oleh indonesia, bukan pemuda yang kesana-kemari tanpa melakukan kreasi seni, tanpa prestasi baik, acuh-tak acuh, dan tidak perdulian terhadap keadaan bangsa negara saat ini, bukan karena kita sudah bisa menikmati ini itu lantas kita bisa bertumpang kaki dan hanya menikmati semuanya dan merasa kita telah selesai, permasalahan masih banyak yang harus kita tangani, selesaikan bersama-sama.

Pemuda harus memiliki pemikiran yang baik untuk indonesia, seperti cita-cita pendahulu karena soekarno pun pernah berkata “ Sepuluh pemuda bisa mengguncangkan dunia “ sebab itu tidak bisa ditangkis pemudalah aset emas negara, pemuda harus mampu bersaing dalam kebaikan. Untuk itu marilah kita selaku pemuda, segera sadar dari tipuan yang menyesatkan, marilah kita sama-sama untuk meningkatkan kualitas kita sebagai pemuda agar kita bisa menjadi pemuda yang bermanfaat, dan agar kita bisa menjadi regenerasi para pendahulu untuk bisa melanjutkan cita-cita dan harapan para pahlawan indonesia yang telah gugur dimedan perang hanya untuk memperjuangkan kemerdekaan indonesia, marilah kita sama-sama memberikan gagasan serta bukti-bukti nyata untuk membangun bangsa ini , marilah kita sampaikan titik puncak kemerdekaan indonesia untuk mensejahterakan seluruh rakyat indonesia, agar kita benar-benar merdeka, dan seluruh penjuru negeri, rakyat seluruh negara indonesia mampu merasakan kemerdekaan yang sesungguhnya. (Ryd)

Opini : Agung Setia Budi (Mahasiswa UNBAJA Jurusan Pendidikan Pancasila Dan Kewarga Negaraan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here