Agar Tidak Saling Klaim, RI-Malaysia Akan Lakukan Survei Bersama Soal Perbatasan

Foto: net, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto.

Centralnews – Jakarta, Guna menentukan titik perbatasan dua negara anatara RI dengan Malaysia, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan pemerintah Indonesia dan Malaysia sepakat untuk melakukan survei pemetaan bersama.

Wiranto mengatakan, adanya pembahasan terkait survey bersama itu, muncul setelah Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad bertemu dengan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.  Dimana dalam pertemuan tersebut, kata Wiranto, terdapat kata sepakat  untuk persoalan perbatasan wilayah RI dan Malaysia. Menurutnya, hal tersebut merupakan sebuah bentuk kemajuan. Namun, ia berkomitmen dalam kesepakatan tersebut tidak ada pihak yang saling merugikan.

Mengutip dari CNNIndonesia, survei pemetaan bersama dilakukan karena sejumlah titik perbatasan yang masih saling klaim atau yang biasa disebut Outstanding Boundary Problems (OBP) antara Indonesia dengan Malaysia. Maka dari itu, untuk mempercepat penyelesaian masalah itu dengan dilakukannya survey bersama.

“Kita akan buat semacam peta bersama, peta ini kita bisa selesaikan dengan survei bersama. Maka Indonesia dan Malaysia akan mengadakan survei bersama untuk masalah perbatasan ini,” tutur Wiranto.

Lebih lanjut, Satu persatu dari Sembilan titik OBP antara kedua negara ini, lanjut dia, sudah ada titik temu antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Malaysia.

Loading...

“Perdana menteri Mahatir kelihatanya lebih bisa menerima juga penyelesaian per segmen (per titik OBP) sehingga lebih ada ruang untuk bisa menyekesaikan ini dengan lebih leluasa,” kata Wiranto. (Tuti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here