Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak Basmi Nyamuk Aedes Aegypti

Proses berlangsungnya sapu bersih nyamuk aedes aegypti dewasa dengan menggunakan gas fogging. Jum’at (3/8/18).

Centralnews – Lebak, Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, melakukan sapu bersih nyamuk aedes aegypti dewasa dengan menggunakan gas fogging di Perumahan Mandala, yang terletak di Desa Kaduagung Tengah, Kecamatan Cibadak. Jumat (3/8/18).

Pembasmian dilakukan karena terdapat dua orang warga tinggal di Perumahan Mandala positif terjangkit penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Fogging ini untuk membunuh nyamuk dewasa aedes aegypti. Supaya tidak menularkan penyakit DBD,” kata M Azis Muslim Staf pelaksana Bidang Pencegahan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Kabupaten Lebak, Jumat (3/8/18).

Dikatakan Azis, Bahwa dalam pelaksanaan fogging mengerahkan lima tim. Hal ini didasari dari laporan pihak rumah sakit yang menyatakan dua orang pasiennya yang bertempat tinggal di Perumahan Mandala positif DBD.

“Adanya laporan itu langsung ditindaklanjuti. Kita lakukan pemantauan lapangan dan harus segera mengambil tindakan pencegahan agar tidak menular kepada warga lain,” katanya.

Loading...

Upaya pencegahan sebagai tindakan awal menggunakan fogging. Selanjutnya warga diminta menjaga kebersihan lingkungannya.

“Dengan menjalankan 3M yakni menguras, menutup dan mengubur sampah atau wadah plastik menyimpan air bersih. Sebab nyamuk aedes aegypti hidup hanya di genangan air yang bersih,” katanya.

Sedangkan Fogging bersifat sementara karena tidak membunuh jentik nyamuk.

“Untuk itu warga harus proaktif menjaga lingkungan yang bersih dan sehat,” jelasnya. (Andri/Tuti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here