Tangkap Ikan Basah-basahan, Ngagurah Dano Tradisi Unik Kabupaten Serang

Sumber: Inilah Banten

Centralnews – Serang, Berbagai tradisi dimiliki oleh Banten, salah satunya Ngagurah Dano. Ngagurah Dano merupakan kegiatan menangkap ikan bersama di aliran Sungai Cidano pada musim kemarau.

Tradisi yang baru dilaksanakan pada Minggu (5/8/18) kemarin oleh ribuan warga dan Bupati Serang beserta jajaran itu, merupakan Tradisi Kabupaten Serang yang diikuti oleh masyarakat empat kecamatan, yakni Kecamatan Cinangka, Padarincang, Ciomas, dan Mancak, dan rutin dilakukan setiap tahunnya pada setiap musim kemarau untuk menyambut musim panen. Hal tersebut dikatakan Kepala Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka, Ojat Darojat.

“Jadi tradisi budaya ini turun temurun yang sudah dilaksanakan oleh nenek moyang kita terdahulu,” ujarnya seperti dilansir dari Kabar Banten.

Pada Tradisi Ngagurah Dano, warga mengambil ikan secara bersama di sungai Cidano dengan menggunakan alat tradisional dan dilakukan disekitar sawah sungai Cidano.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Serang telah membangun fasilitas untuk menunjang Tradisi Ngaguroh Dano sebagai wisata tradisional. Seperti membangun jembatan selfie sebagai pelengkap destinasi wisata disana. Ngagurah Dano juga menjadi ajang perkumpulan bagi warga sekitar bantaran sungai Cidano. (Tuti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here