Tingkatkan Mutu PSAT, DKP Pandeglang Gelar Bimbingan Kelompok Tani

Ratusan Peserta Ikuti Bimbingan Sertifikasi PSAT.
Centralnews – Pandeglang, Dalam upaya meningkatkan jaminan mutu Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT), maka harus dilakukan sertifikasi di setiap wilayah sesuai dengan aturan yang berlaku. Oleh karena itu, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Pandeglang menggelar bimbingan bagi para Kelompok Tani (Poktan) Kecamatan Sukaresmi terkait cara penerapan sistem sertifikasi bagi pelaku usaha PSAT Gedung PGRI Kecamatan Sukaresmi, (9/8/18).
“Mereka (Poktan, pen) yang ikut dalam acara temu karya ini akan diberikan penyuluhan untuk mengikuti sertifikasi prima 3 yang aman untuk dikonsumsi,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Seksi Kelembagaan Keamanan Pangan pada DKP Edi Mulyadi.
Ia membeberkan, sertifikat adalah jaminan tertulis yang diberikan oleh institusi lembaga yang telah diakreditasi untuk menyatakan bahwa PSAT terbebas dari bahan kimia berbahaya.
“Nanti pelaku usaha PSAT akan disurvei OKKPD (Otoritas Kompetensi Keamanan Pangan Daerah, pen) yang didampingi oleh DKP,” ujarnya.
Di lokasi yang sama, Bupati Pandeglang Irna Narulita menuturkan, masyarakat saat ini sudah beralih kepada pangan organik karena aman untuk dikonsumsi.
“Sertifikasi keamanan pangan sangat penting bagi setiap pengusaha PSAT agar hasil produksi selain sehat, memiliki nilai jual yang tinggi,” jelasnya.
Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 200 peserta hadir yang terdiri dari Penyuluh dan Poktan dari tiga Desa, yaitu Desa Sesepan, Desa Karyasari, dan Sukasari. (Yusuf/Tuti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here