Ekslusif Bersama Ketua Organda Kota Serang Sadrai Bagus Tajir: Spesial Hut Kota Serang Ke-11

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda Kota Serang), Sadrai Bagus Tajir 

Centralnews – Tokoh Central, Pada tanggal 10 Agustus 2018, Kota Serang telah memasuki hari jadinya yang ke 11 tahun. 11 Tahun Kota Serang berdiri dan akan terus tumbuh dan berkembang serta menjadikan Ibu Kota Provinsi Banten ini sebagai Kota yang nyaman dan indah bagi masyarakatnya dengan menjadikan Kota Serang sendiri sebagai Kota Madani.

Pembentukan Kota Serang sendiri tak lepas dari amanat undang-undang nomor 23 tahun 2000 tentang pembentukan Provinsi Banten. Hal ini dipertegas oleh undang-undang nomor 32 tahun 2007 (yang disahkan pada tanggal 10 Agustus 2007) tentang dimekarkannya (pembentukan) Kota Serang dari Kabupaten Serang.

Tokoh Central edisi hari ini Sabtu, 11 Agustus 2018 dengan topik HUT Kota Serang ke – 11th. Tim redaksi Centralnews Banten secara khusus akan berbincang dalam wawancara eksklusif bersama Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda Kota Serang), Sadrai Bagus Tajir

Berikut hasil wawancara eksklusif kami.

Mengawali perbincangan hari ini, sebelumnya kita ingin mengetahui perjalan karir dan pengalaman Bapak dalam dunia usaha maupun dalam pemerintahan? 

dulu itu sebenarnya saya sekolah SMA nya di Bandung, saya kuliah di Untirta ambil teknik Kimia,kemudain saya kuliah di STIE Paripurna Tangsel, saya ambil ekonomi, kemudian saya kuliah S2 di Universitas Islam Atsafiyah, saya ambil hukum, lalu saya bekerja di pabrik cilegon di  industri kimia, saya sempat menjadi aktivis buruh, saat itu saya sebagai ketua serikat pekerja energi kimia pertambangan, awalnya saya menjabat sekertaris kemudian saya menjadi ketua serikat, anggota saya jakarta bandung solo cikande cilegon, karena saya aktif di organisasi perburuhan kemudian saya mencoba aktif saya kuliah lagi di tangsel di universitas paripurna, ekonomi s2 di astafiyah ambil hukum, setelah saya di serikat pekerja saya tahun 2012 resign, kemudian saya mendirikan usaha kecil kecilan, saya buat cv, saya mulai aktif di organisasi dan mencoba usaha di bidang kontraktor, dan sejak itu saya dan mulai masuk ke dunia politik, dulu saya tergabung di partai republikan itu yang masuk jadi anggota itu kebanyakan dari organda dan pengusaha, an sekarang saya tergabung di PKB. setelah samapi akhirnya saya kerja partai pertama yang saya masuk di PKB dari jaman masih sekolah waktu itu saya masih di bandung, saya ini simpatisan tapi sekarang saya menjadi anggota PKB. dari situ lah akhirnya saya berkecimpung di dunia usaha kontraktor dan organda.

Dulu organda kota serang itu sekitar satu tahun masih menginduk dengan organda kabupaten serang,karena dsakan teman2 kita memisahkan diri sesuai dgn aturan lalin bahwa setiap wilayah harus mempunyai  organisasi wadah untuk para masyrakat yang berkecimpung dalam dunia transportasi.

Kira-kira sekitar 2009 pertama kali terbentuk organda kota serang, dan saya salah satu tokoh central yang di masyarakat transportasi, jadi saya bersama  inu aminudin, hayudin dari po bahagia alm entus muhidin, kemudian Enjat jatnika kemudian di muscab pertama dan yang di tunjuk menjadi ketua organda kota serang  di pilihlah enjat jatnika menjadi ketua organda kota serang pertama kali menjadi kepala organda kota serang yang pertama , kemudian muscab kedua, yang sekarang ini saya sebenarnya ketua pelimpahan, tadinya ketua organda kota serang itu H. Asmuni, karena mungkin ada pertimbangan lain dari temen2 jadi di kembalikan di forum, dan  hasil rapat pleno di bentuk ketua hasil PAW pergantian antar waktu (PAW) ,

Bagaimana pendapat bapak sebagai ketua Organda Kota Serang terkait kondisi dan situasi transportai umum di Kota Serang selama ini? 

dulu itu Angkutan Kota (Angkot) Serang itu limpahan dari Kabupaten Serang ada 1048 unit angkutan , dan itu sudah di log di Kota Serang, itulah trayek yang ada di kota serang, kita pun memikirkan bagaimana,  waktu itu kita terbagi dalam 13 trayek, dengan pertumbuhan masyarkat Kota serang yang cukup pesat yang dulu hanya sekitar 300.000 jiwa sekarang menjadi 900.000 lebih, saya dan organda ikut andil dalam perwal yakni pengecatan mobil untuk setiap trayek, perwal di berlakukan mulai tahun 2009 waktu itu masa jabatanya bapak Jaman, setelah di evalusai ternyata perwal tersebut sudah tidak efektif, kota serang sebenarnya sudah punya induk terminal yakni di daerah cangkring, pakupapatan, cipocok dan kepandena. Jadi sebenarnya angkutan di luar kota serang tidak boleh masuk kedalam kota agar pemilik angkutan yang benar benar dari kota serang bisa mencari nafkah tanpa harus bersaing dengan angkutan luar kota. Untuk sekarang trayeknya ngacak karena fungsi terminal blm di fungsikan dengan baik.

Menurut Bapak potensi sepeti apa saja yang ada di kota serang ?

Sebenarnya kota serang itu bisa seperti Bandung, jogja. Karena sudah ada beberapa Universitas negeri di kota serang seperti UNTIRTA dan UIN SMH Banten yang mengakibatkan banyak orang luar yang masuk ke kota serang, maka dari itu yang harus di tingkatkan adalah dalam segi kuliner, wisata, jasa, industry, namun tetap mempertahankan pertanianya, untuk Mall harus di kaji ulang.

Menurut bapak setelah kota serang berdiri 11 tahun, permasalahan kompleks yang harus di benahi agar 5 tahun ke depan menjadi lebih baik langkahnya seperti apa ?

Menurut saya yang pertama kali yang harus di benahi adalah sumber daya manusia (SDM), harus mengarahkan anak muda kota serang agar lebih kreatif jangan di dorong untuk kerja di pabrik. Kota serang harus bisa mengadopsi dari kota pelajar yang lain. Pemudanya semakin kreatif perekonomian pun semakin meningkat. Untuk di Banten Contoh kebinekaan itu ada di kota serang, adakan pelatihan kewirausahan untuk anak muda kota serang agar semakin kreatif

Harapan untuk kota serang kedepanya seperti apa ?

Tentunya saya berharap Kota Serang menjadi lebih baik lagi, dan kota serang menjadi Contoh, karean kota Serang Menjadi Penyangga Provinsi Banten, oleh Karen itu pasti orang akan banyak bekunjung ke kota serang, di tata lebih baik sebagaimana layaknya ibukota sebuah provinsi.

Setelah berbincang mengenai Kota Serang sekarang kita beralih ke dunia politik, hal apa yang mendorong bapak untuk mencalonkan diri di pileg 2019 ?

Karena saya backroundnya NU salah satunya saya ingin meneruskan langkah NU, kemudian saya punya target untuk masuk Komisi IV DPRD Kota serang yakni tentang transpotasi karena itu bidangnya saya, minimal aspirasi dari teman-teman ada untuk tempat mengadunya.

Apa tanggapan orang terdekat mendengar Bapak akan maju dalam pileg 2019 ?

Banyak tanggapan Miring dari organisasi namun dari teman teman juga banyak yang nerespon positif terutama teman teman di lapangan, keluarga juga banyak yang mensuport meski dalam satu keluarga mendukung berbagaimacam partai, kita berpartai demi kemaslahatan umat dan menurut saya NU lah yang faham dengan kebutuhan umat.

sudah sejauh apa Persiapan untuk maju ke Pileg 2019 ?

kalau untuk sekarang dalam tahap pembentukan jaringan, dulu di Forum Penyuluh Agama Islam di kemenag kota serang saya sebagai ketua, dulu saya turun ke banyak masjid tujuan maping untuk melihat pengajian dan apa saja yang di butuhkan masjid tersebut  dan daerah tugas saya di kecamatan serang, itu dimulai dari 2012 sampai sekarang. Dulu saya juga jadi sekjen jaringan perumahan kota serang, dulu sempat jadi orang yang di percaya oleh walikota. Saya juga pernah menjadi sekertaris perhimpunan petani kota serang.

Menurut Pandangan bapak, Apa saja yang harus dilakukan seorang anggota dewan untuk mewujudkan aspirasi Masyarakat kota serang ?

Kita harus memberikan pendidikan  kepada masyarakat agar lebih cerdas, saya rasa masyarakat Kota serang sudah bisa berfikir rasioanal yang tidak akan tergiur oleh uang, oleh sebab itu anggota dewan harus bisa menyerap aspirasi masyarakat dengan baik, jangan sampai kacang lupa dengan kulitnya, Harus banyak silaturahmi ke masyarakat dan harus sesuai dengan poksinya, karena anggota dewan adalah wadah bagi aspirasi masyarakat. Masyarkat Kota Serang Butuh dewan yang konsen dan mau kerja untuk Masyarakat . 

(Sis/Ryd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here