Dindikbud Kota Serang Bersama Juragan Kuliner Gelar Lomba Kreasi Olahan Kulit Tangkil

1.para pemenang berfoto bersama kepala dindikbud kota serang Ahmad Zubaidillah, Chef Ranu dan para juri

Centralnews – Serang, Dinas Pendidikan dan Kebidayaan (DINDIKBUD) Kota Serang bersama Juragan Kuliner menggelar Lomba kreasi olahan kulit tangkil dalam rangka memeriahkan HUT Kota Serang ke-XI, Sabtu (01/09/18).

Lomba kreasi olahan kulit tangkil yang digelar di Alun alun Barat Kota Serang ini di ikuti oleh 98 peserta yang sebagian besar adalah berasal dari masyarakat kota serang.

Festival olahan kulit tangkil masak ini menekankan pada kreativitas peserta dengan olahan berbahan dasar kulit melinjo atau biasa di sebut Kutang (Kulit Tangkil).

Ketua Panitia  lomba kreatif olahan kulit tangkil Chef Ranu mengatakan, dalam kegiatan  ini peserta yang mengikuti lomba kreasi olahan berbahan dasar kulit tangkil ini diberi waktu 20 menit untuk mendisplay makanan olahan kulit tangkil seindah mungkin yang nanti akan di nilai oleh dewan juri.

Loading...

“Dalam 20 menit peserta harus sudah selesai menghias atau mendisplay olahan kulit tangkilnya dan setelah selesai juri akan menilainya,”ungkap Chef Ranu saat di temui seusai acara lomba, Sabtu (01/09/18)

“Selain pendisplayan, dalam lomba ini juri akan menilai dari kreatifitas olahan kulit tangkilnya dan juga menilai rasa makanan berbahan Kutang (Kulit Tangkil) itu,” imbuhnya

“Dalam lomba ini, lanjut chef Ranu ada hadiah yang akan di berikan piala dan uang pembinaaan untuk juara 1 akan di berikan uang pembinaan sebesar 2 juta rupiah, juara kedua 1,5 juta rupiah sedangkan untuk juata ketiga di berika 1 juta rupiah, untuk juara harapan 1 sampai 3 dan juara kreatifitaa hanya do berikan piala saja,”terang chef Ranu

2.Kepala dindikbud kota serang Ahmad Zubaidillah berfoto bersama chef Ranu saat mencoba masakan kulit tangkil.

Chef Ranu juga berharap dengan banyaknya kreatifitas olahan makanan berbahan kutang ini kedepannya Kota Serang mempunyai gerai yang menyediakan makanan dengan bahan kulit tangkil.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang Ahmad Zubaidillah mengatakan sangat senang dan apresiasi karena Kota Serang di bandingkan Kota/Kab yang lainnya lebih dulu menjadikan kulit tangkil ini menjadi makanan favorit khususnya di Banten dan umumnya di Indonesia.

“Melihat hal ini kita lombakan kreasi mengolah makanan dengan berbahan kulit tangkil ini dan hasil dari lomba ini mudah mudahan menjadi salah satu potensi yang lainnya, dan masyatakat bisa menjadikan kulit tangkil ini menjadi makanan yang wajib di olah saat ada hati hari besar atau acara hajatan,”ungkap Zubaidillah

Zubaidillah juga mengatakan akan melakukan kerjasama dengan Persatuan Hotel dan Restiran Indonesia (PHRI) Kota Serang agar dalam sajian makanan di hotel dan restorannya ada masakan berbahan kulit tangkil.

“Ini kita lakukan agar potensi lokal gaungnya bisa membuming ke swluruh tanah air, dan itu tujuannya,” Ucapnya

“Saya sih berharap agar masyarakat jangan makan sayur yang hasil pabrikan tapi makanlah sayur hasil dari bumi kita,”tutupnya. (Sis/Ryd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here