Konsisten Dengan PKPU, KPU Tetap Coret Bacaleg Eks Napi Korupsi

Foto: net, Ketua KPU Arief Budiman

Centralnews – Jakarta, Meski bacaleg eks napi korupsi diloloskan Bawaslu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengembalikan berkas pendaftaran bacaleg dan tetap menyatakan tidak memenuhi syarat.

“KPU kan sudah mengatur dalam PKPU bahwa kalau ada mantan terpidana yang terlibat tiga jenis tindak pidana itu (bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, dan korupsi) akan kami kembalikan,” ujar Ketua KPU Arief Budiman, Senin (3/9/2018).

Dengan berpedoman pada Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan, Arief menegaskan bacaleg eks napi korupsi tidak memenuhi syarat.

“Kalau (mereka) masih didaftarkan, kami akan menyatakan statusnya tidak memenuhi syarat,” terangnya.

Lebih lanjut, Arief menuturkan, hingga saat ini PKPU belum dibatalkan. Maka dari itu, pihaknya akan tetap berpegang pada PKPU tersebut.

Loading...

“Selain fakta-fakta, landasan latar belakang yang kami sebutkan mengapa kami menyusun peraturan KPU-nya seperti itu,” ujar Arief.

Mengutip dari detikcom, sebelumnya, Bawaslu di sejumlah daerah meloloskan sejumlah eks napi korupsi menjadi bacaleg. Anggota Bawaslu Rahmat Bagja pada Sabtu (1/9) menyampaikan sikap Bawaslu tidak bertentangan dengan UU dengan meloloskan para mantan narapidana untuk nyaleg.

Dalam Pasal 240 UU Pemilu memang diatur mantan narapidana bisa maju caleg asalkan mempublikasikan kepada publik soal statusnya. Namun larangan eks napi korupsi nyaleg tersebut dicantumkan dalam PKPU. (Tuti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here