Polres Pandeglang Siap Antisipasi Kerawanan Jelang Pemilu 2019

Polres Pandeglang Siap Antisipasi Kerawanan Jelang Pemilu 2019
Polres Pandeglang Siap Antisipasi Kerawanan Jelang Pemilu 2019

Centralnews – Pandeglang, Polres Pandeglang Siap Antisipasi Kerawanan Jelang Pemilu 2019. Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 mendatang merupakan pemilihan yang ke-5 di era reformasi, bahkan tahun 2019 pertama kalinya Pemilihan Legislatif (Pileg) bersamaan dengan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Menyikapi hal tersebut, Polres Pandeglang menegaskan bahwa sejauh ini pelaksanaan tahapan demi tahapan Pemilu 2019 di Kabupaten Pandeglang selalu damai dan aman.

“Selama ini kami belum menemukan kerawanan yang terjadi,  namun dinamika selalu berubah oleh sebab itu harus tetap diantisipasi,” ujarnya Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lutrianto Amstono, (16/09/18).

Terpisah, Ketua KPU Pandeglang Ahmad Suja’i menuturkan, berdasarkan pengalaman pelaksanaan pemilihan sebelumnya, Pandeglang tidak terjadi permasalahan yang berarti tapi pihaknya tetap melakukan antisipasi.

“Belajar dari pengalaman yang lalu, Pandeglang memang tidak pernah terjadi permasalahan yang begitu prinsip. Namun, tetap harus kita antisipasi salah satunya para peserta pemilu harus menghindari, money politik, intimidasi, dan menggunakan fasilitas negara,” jelasnya.

Loading...

Ia membeberkan, saat ini masih ada beberapa masyarakat yang sudah memiliki hak konstitusi tapi belum terdaftar di DPT. Namun, dirinya memastikan masyarakat tersebut tetap dapat melakukan penjoblosan karena masuk di Daftar Pemilih Khusus (DPK).

“Sesuai Undang-Undang No. 7 tahun 2012, selain usia 17 tahun dan sudah menikah tetap harus dibuktikan dengan KTP elektronik. Jadi satu jam sebelum TPS ditutup yang tidak terdaftar di DPT tetap dapat melakukan pencoblosan sesuai domisili di KTP,” jelasnya.(Yusuf/Ryd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here