Penetapan Ratusan DCT Anggota DPRD Pandeglang

Penetapan Ratusan DCT Anggota DPRD Pandeglang
Penetapan Ratusan DCT Anggota DPRD Pandeglang

Centralnews – Pandeglang,Penetapan Ratusan DCT Anggota DPRD Pandeglang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pandeglang menggelar Rapat Pleno Penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPRD Pandeglang di Aula KPU Pandeglang, Kamis (20/09/18).

Ketua KPU Pandeglang Ahmad Suja’i mengatakan bahwa pihaknya menetapkan DCT Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pandeglang sebanyak 655 orang.

Ia menjelaskan, sebelumnya KPU telah menetapkan DCS yang hanya 654 orang. Namun, beberapa dari DCT tersebut mengalami perubahan karena 2 orang meninggal tetapi kedua calon tersebut sudah diganti karena sesuai aturan diperbolehkan. Sementara untuk 1 calon berjenis kelamin perempuan memilih mundur, juga diganti karena mempengaruhi 30 persen keterwakilan perempuan.

“Ada 2 yang meninggal, pertama dari PKB dan dari PKPI, semuanya diganti. Ada yang yang mundur dari Demokrat, tapi perempuan, diganti pula karena yang mundur dari perempuan itu bisa diganti karena mempengaruhi 30% wakil perempuan,” jelasnya.

Lebih lanjut Suja’i menjelaskan, selain calon  tersebut, satu orang calon lain yang mundur dari PKS tidak dapat diganti karena calon tersebut berjenis kelamin laki-laki.

Loading...

“Ada juga yg mundur dari PKS, tapi karena yang mundurnya laki-laki, tidak bisa dilakukan pergantian. Makanya totalnya dari 654 tambah 2 sama dengan 656, dikurangi lagi 1 yang mundur dari PKS Jadi 655.

Saat ditanya terkait 2 calon legislatif asal Partai Golkar yang merupakan narapidana koruptor, pihaknya menegaskan ke-655 calon tersebut sudah termasuk 2 calon narapidana koruptor.

“Sudah dimasukkan ke dalam DCT, karena kami juga sdh mendapatkan instruksi secara tertulis dari KPU RI, tindak lanjut dari putusan MA, kami juga sebelum melaksanakan proses penyampaian rancangan DCT, kami juga melakukan pleno dulu untuk merubah kaitan dengan surat keputusan, kaitan dengan Daftar Calon Sementara,” pungkas Suja’i.(Yusuf/Ryd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here