Dinas Perikanan Pandeglang Siapkan Pembinaan Antisipasi Musim Barat

Dinas Perikanan Pandeglang Siapkan Pembinaan Antisipasi Musim Barat
Dinas Perikanan Pandeglang Siapkan Pembinaan Antisipasi Musim Barat

Centralnews – Pandeglang, Senin (24/09/18). Dinas Perikanan Pandeglang Siapkan Pembinaan Antisipasi Musim Barat. Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Pandeglang Winarno menyebutkan bahwa dalam rangka mengantisipasi musim angin barat, nelayan yang tidak melaut difasilitasi dengan pembinaan terkait perbengkelan sementara istri nelayan dilakukan pembinaan terkait pengelolaan makanan berbahan dasar ikan.

“Selama masyarakat nelayan tidak melaut, kami mengadakan pembinaan istri nelayan, pengelolaan ikan asin, bakso ikan, otak-otak. Sementara untuk nelayan yaitu perbengkelan mesin perahu,” ujarnya.

Ia menambahkan, jumlah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor perikanan di Pandeglang kurang memuaskan atau hanya sekitar 600 juta per tahun. Hal ini dikarenakan dari sebanyak 14 Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Pandeglang, hanya 5 TPI yang aktif beroperasi setiap hari.

“Dari 14 TPI, tetapi yang aktif itu hampir tiap hari cuma 5 TPI, yaitu TPI Panimbang, kemudian TPI Labuan 1, TPI Labuan 2, TPI Labuan 3 dan ditambah  TPI Carita,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, pihaknya menegaskan bahwa hasil tangkapan nelayan harus terlebih dahulu dilelang di TPI kemudian dibawa ke luar Pandeglang.

Loading...

“Kewajiban nelayan harus dilelang dulu di TPI, nanti setelah itu terserah, ada yang ke Pandeglang, ke Serang, Tangerang dan Jakarta,” jelasnya.(Yusuf/Ryd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here